Mataram, LombokInsider.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui Dinas Pariwisata (Dispar) bersama stakeholder pariwisata NTB kembali menggelar pesta diskon bagi wisatawan yang berkunjung pada periode 27 Januari hingga 27 Februari 2019. Ajang yang dikenal dengan Lombok Sumbawa Great Sale (LSGS) ini rutin digelar setiap tahunnya pada bulan Januari-Februari sejak 2017 lalu.

“Kita ingin LSGS 2019 memberi pesan bahwa NTB sudah menuju normalisasi dan berupaya pasar pariwisata kita kembali pulih. Target kami, potensi transaksi mencapai Rp25 Miliar,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB HL. Moh. Faozal di Mataram, Jum’at (11/1).

Faozal berharap LSGS 2019 menjadi momentum bagi sektor pariwisata NTB untuk kembali bangkit setelah sempat terpuruk akibat bencana gempa 2018 yang lalu.

“Persiapan terus kita lakukan, termasuk berbicara dengan manajemen maskapai untuk ikut membantu dengan memberikan potongan harga tiket pesawat ke Lombok,” ujarnya.

Seperti diketahui, pasca gempa, harga tiket pesawat dari dan ke Lombok melonjak tajam, hal ini menjadi salah satu kendala wisatawan untuk datang berkunjung.

Faozal mengatakan, LSGS akan menjadi ajang pertama NTB pada 2019 dari 24 agenda pariwisata yang akan digelar selama tahun ini. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Cakranegara, karena lokasinya yang strategis dan telah menjadi pusat perdagangan serta kuliner.

Selain itu, LSGS 2019 juga menjadi pembuka dari ragam atraksi yang juga akan digelar di Lombok pada Februari, seperti perayaan Imlek pada awal Februari dan juga Festival Pesona Bau Nyale pada akhir Februari.

Berbeda dengan LSGS sebelumnya, kata Faozal, ajang LSGS 2019 akan diluncurkan pada malam hari dan melibatkan para pedagang pasar yang berada di Cakranegara. Dari segi peserta, lanjutnya, juga terdapat penambahan dari 75 peserta pada LSGS 2018 menjadi 150 peserta pada LSGS 2019.

Peserta Great Sale terdiri atas hotel, resort, maskapai penerbangan, restoran dan paket jasa wisata di NTB dengan besaran bervariasi dengan batasan maksimal hingga 70 persen.

Saat ini, Dispar NTB sedang melakukan berbagai persiapan termasuk aplikasi daring yang akan digunakan untuk transaksi selama LSGS berlangsung. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com