Home Uncategorized GenPI Lombok Sumbawa Senjata Baru Pariwisata NTB, Resmi di Launching

GenPI Lombok Sumbawa Senjata Baru Pariwisata NTB, Resmi di Launching

180
2
SHARE
GenPI Lombok Sumbawa di Launching, Lebih dari 100 orang Blogger dan Sosmed Tergabung di Dalamnya.

Mataram, LombokInsider.com – Setelah selesai dari acara International Halal Travel Fair (IHTF) dan Rakernas ASITA 2016, kesibukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disdbudpar) NTB berlanjut ke Senggigi tepatnya di Aruna Hotel Senggigi pada (21/9). Budpar NTB secara resmi melaunching GenPI (Generasi Pesona Indonesia) Lombok Sumbawa yang merupakan komunitas resmi penggerak pariwisata NTB yang go digital, untuk membantu tugas pemerintah NTB menjual pariwisata NTB di dunia maya. Ini merupakan langkah kongkrit Budpar dalam memfasilitasi komunitas ini, dimulai dari workshop-jumpa blogger, berlanjut ke media social camp hingga di launchingnya GenPI ini.

HL. Moh. Faozal, Kadis Budpar NTB, saat Memberikan Sambutan pada Launching GenPI Lombok Sumbawa (21/9).
HL. Moh. Faozal, Kadis Budpar NTB, saat Memberikan Sambutan pada Launching GenPI Lombok Sumbawa (21/9).

“Hal ini sebagai bagian dari implementasi program yang telah ditetapkan Kemenpar RI pada Rakernas di Jakarta, oleh sebab itu kami Pemerintah NTB membangun jejaring melalui para blogger dan medsos untuk melakukan promosi destinasi wisata yang ada di NTB, karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan berbagai pihak terkait pariwisata, termasuk komunitas yang sekarang telah resmi sebagai GenPI, yang siap memviralkan pariwisata NTB di dunia maya,” tegas Kadis Budpar HL. Moh. Faozal saat memberikan sambutan pada soft launching GenPI Lombok Sumbawa. Faozal juga menyatakan bahwa pihaknya siap memfasilitasi GenPI ini dengan menyediakan sekretariat di kantor Disbudpar NTB.

“Go digital sendiri menjadi tema utama Rakornas ke III Kemenpar di Jakarta pada (15-16/9) menjadikan semua gerakan pariwisata di Indonesia harus sejalan dengan gerakan yang dilakukan oleh pusat,” jelas Jhe Ipul Dosen Komunikasi UNRAM yang juga merupakan relawan dan koordinator pembentukan GenPI di seluruh Indonesia. Jhe menambahkan ketika pemerintah dalam hal ini Budpar telah berhasil menjaring d

Sekitar 100 orang Blogger dan Sosmed Hadir pada Launching GenPI Lombok Sumbawa.
Sekitar 100 orang Blogger dan Sosmed Hadir pada Launching GenPI Lombok Sumbawa, di Hotel Aruna Senggigi.

an memanfaatkan keberadaan teman-teman blogger dan sosmed, maka dapat akan dipastikan NTB dapat menguasai pasar pariwisata Indonesia. “Kita harus optimis suatu saat nanti akan menguasai pasar pariwisata Indonesia dan ini telah dimulai dengan di launching GenPI Lombok Sumbawa, komunitas ini merupakan salah satu senjata andalan yang harus dimanfaatkan dengan baik,” imbuhnya.

Mentri Pariwisata RI Bapak Arief Yahya bahkan mengatakan bahwa “more digital more personal, more digital more professional, more digital more personal”. Go Digital dipilih sebagai strategi untuk memenangkan pemasaran pariwisata nasional maupun internasional.

Tidak heran memang, karena di zaman yang serba digital sekarang ini, kita dapat dengan mudah mengakses beragam informasi, termasuk juga informasi terkait pariwisata. Maka Go Digital menjadi topik yang dikedepankan oleh Kemenpar RI. Adapun perwujudan strategi Go Digital yang digaungkan oleh Kemenpar (Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara) bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB tersebut adalah dengan dibentuknya komunitas resmi (official) penggerak pariwisata NTB yang diberi nama GenPI Lombok Sumbawa (Generasi Pesona Indonesia Lombok Sumbawa).

Launching GenPI di Rangkaikan dengan Talk Show.
Launching GenPI di Rangkaikan dengan Talk Show, dengan Narasumber Kadis Budpar NTB, Ketua BPPD NTB dan Tim Volunteer Lombok Sumbawa.

GenPI Lombok Sumbawa merupakan sebuah komunitas yang digerakkan oleh sekumpulan anak muda Lombok dan Sumbawa yang berkomitmen memajukan pariwisata NTB. Anggota yang ada di dalamnya berasal dari berbagai kalangan, diantaranya yaitu: blogger, penggiat media sosial, event organizer, maupun komunitas-komunitas lainnya yang terbentuk karena kesamaan hobi (touring club, komunitas fotografi dan masih banyak lagi). Setiap komunitas yang ada, dengan caranya masing-masing bertekad untuk memajukan pariwisata yang ada di Provinsi NTB, agar tidak hanya menjadi perhatian di negara Indonesia, tetapi juga di mata dunia Internasional.

Pada Launching komunitas GenPI Lombok Sumbawa hadir sekitar 100 orang anggota GenPI Lombok Sumbawa yang tentu kedepannya telah berkomitmen penuh membawa kabar positif terkait pariwisata yang ada di Lombok dan Sumbawa. Kegiatan peluncuran (launching) komunitas GenPI Lombok Sumbawa (Generasi Pesona Indonesia Lombok Sumbawa) ini merupakan langkah awal dari gerakan memajukan pariwisata NTB yang berbasis strategi Go Digital. Dimana selanjutnya akan banyak diadakan kegiatan lainnya demi menjadikan Lombok sebagai kiblat pariwisata halal dunia. (LI/SP/AA)

 

Info selengkapnya: Follow

Twitter: @disbudpar_ntb

Instagram: @disbudpar_ntb

Facebook: Wonderful Lombok Sumbawa

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.