Home Government Affairs Komentari Pilkades, TGH. Sahwan: Siap Kalah Siap Menang

Komentari Pilkades, TGH. Sahwan: Siap Kalah Siap Menang

0
SHARE
TGH. Sahwan Hafiz, S.Pd.I Pengasuh Pondok Pesantren Darudda'wah, Kelep, Taman Baru, Sekotong, Lombok Barat

Giri Menang, LombokInsider.com – Pengasuh Pondok Pesantren Darudda’wah, Kelep, TGH. Sahwan Hafiz, S.Pd.I mengingatkan agar warga Desa Taman Baru berbuat adil dalam segala hal, terlebih kepada Panitia Pilkades serentak 2021, karena menjadi panitia Pilkades menurutnya mempunyai konsekwensi yang berat.

“Kita disuruh berlaku adil oleh Allah Ta’ala. Adil di segala-galanya. Lebih-lebih sebagai panitia, agar tidak memihak ke masing-masing kandidat, karena sudah disumpah, resikonya berat dunia akhirat,” jelasnya.

Melengkapi penjelasannya terkait berlaku adil, Ia kemudian mengutip potongan ayat dari Surah Al-Hujurat ayat 9 yang berbunyi:

وَاَقۡسِطُوۡا ؕ‌ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ‏

….dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil. (QS. Al-Hujurat: 9).

TGH. Sahwan juga meminta agar calon Kepala Desa siap kalah dan siap menang tanpa harus menyalahkan orang lain, karena segala kemungkinan yang terjadi sudah menjadi ketentuan Allah Swt.

“Jadi kalau kita sudah peka terhadap peraturan undang-undang tinggal kita tunggu hasilnya. Apapun terjadi harus siap kalah siap menang. Artinya apa? Apapun terjadi itu memang sudah ketentuan Allah Swt,” paparnya.

Baca juga:  Lombok Enduro Bootcamp 2020 Akan Digelar di Gunung Sasak

Meskipun demikian, Ia tidak menampik kemungkinan akan terjadi perselisihan antar pendukung masing-masing calon, sebagai akibat dari keyakinan yang berlebihan terhadap ritual yang mereka lakukan.

“Tapi kita khawatirkan, pendukung-pendukungnya, “Endarak endek saduk pemandikn” (gak ada yang gak yakin sama pemandikn–sejenis ritual untuk keperluan tertentu, red.),” Kelakarnya.

TGH. Sahwan juga berharap agar pelaksanaan Pilkades berjalan dengan aman, damai sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Mudah mudahan perjalanan Pilkades ini aman, damai sesuai dengan perundang-undangan, peraturan yang sudah dibuat,” tutupnya.

Pilkades serentak tahun ini diikuti oleh 24 Desa se-Kabupaten Lombok Barat, salah satunya Desa Taman Baru, Kecamatan Sekotong. Sesuai dengan Perbup nomer 20 tahun 2021, penetapan Calon Kepala Desa akan diawali dengan pengetesan  kemampuan membaca Kitab Suci masing-masing Bakal Calon Kepala Desa. Selanjutnya penilaian berkas yang terdiri dari 3 aspek penilaian: pendidikan, pengalaman kerja, dan usia. Setelah itu Panitia Pilkades akan menetapkan Calon Kepala Desa pada tanggal 10 Juni 2021, dan mempublikasikannya tanggal 14-17 Juni 2021. Sementara pemilihan Kepala Desa akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021. (LI/UJ).

Baca juga:  Menyedihkan, Kalah Dalam Pilkades Terong Tawah Simpatisan Keroyok Wartawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.