Home Government Affairs Wagub NTB: Waspada, 85 Persen Orang Terpapar Corona Tidak Menampakan Gejala

Wagub NTB: Waspada, 85 Persen Orang Terpapar Corona Tidak Menampakan Gejala

125
0
SHARE
Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mataram, LombokInsider.com – Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengajak seluruh masyarakat NTB untuk waspada terhadap semakin merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19). Hal ini disampaikan pada Selasa (24/3/20), setelah sebelumnya bersama Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah mengumumkan bahwa ada 1 orang warga NTB yang positif Covid-19.

“Saya tidak bosan untuk terus mengingatkan, bahwa 85 persen orang yang sudah terpapar virus ini tidak menampakan gejala apapun atau gejala yang tidak berat. Artinya seluruh warga masyarakat harus waspada, karena semua kita dapat tertular. Ini yang harus kita pahami,” jelas Wagub.

Wagub meminta setiap orang untuk memposisikan dirinya seolah-olah sudah tertular, sehingga akan lebih menjaga diri dan keluarga atau siapapun untuk menjaga kebersihan lingkungan dan jaga jarak.

“Jika kita tidak paham akan hal ini maka akibatnya akan sangat buruk. Contoh satu orang terpapar, ternyata orang ini sudah berinteraksi dengan banyak orang, sebelum dia terindentifikasi positif. Dapat dibayangkan berapa orang yang harus diawasi,” ujarnya.

Namun, menurut Wagub jika setiap orang sungguh-sungguh disiplin dan waspada serta untuk sementara menjaga jarak maka efek penyebarannya akan dapat ditekan.

“Banyak orang yang dampaknya baru terlihat setelah terpapar selama 2-3 minggu, atau satu bulan yang lalu melakukan pertemuan dengan orang yang positif. Hal ini betul-betul memerlukan kepedulian semua pihak,” kata Wagub.

Wagub menambahkan bahwa saat ini Pemprov NTB sedang fokus terhadap langkah penyiapan fasilitas, sarana prasarana, edukasi yang internsif bersama seluruh Kabupaten/Kota se-NTB.

Wagub juga mengingatkan awak media yang hadir, agar ikut berperan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan untuk pencegahan penyebaran Virus Corona ini dan stop menyebarkan berita yang justru dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

“Rekan media, bantulah pemerintah untuk memberikan informasi yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kewaspadaan, menjaga kebersihan, kesehatan diri dan keluarga serta berbagai hal yang dapat mencegah pergerakan Virus Corona ini,” tegasnya. (LI/AA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.