Home Government Affairs Tingkatkan Kemampuan Wartawan Membaca Data, BPS NTB Gelar Workshop Sehari

Tingkatkan Kemampuan Wartawan Membaca Data, BPS NTB Gelar Workshop Sehari

0
SHARE
Tingkatkan Kemampuan Wartawan Membaca Data, BPS NTB Gelar Workshop Sehari
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB. BPS menggelar workshop wartawan yang bertema “Membaca Data untuk Mencerdaskan Bangsa” di Golden Palace Hotel Lombok, Mataram, Rabu (21/11).

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai upaya meningkatkan kapasitas wartawan dalam membaca data secara baik dan benar yang secara rutin dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB. BPS menggelar workshop wartawan yang bertema “Membaca Data untuk Mencerdaskan Bangsa” di Golden Palace Hotel Lombok, Mataram, Rabu (21/11).

Ibarat dua sisi mata uang, data statistik hasil rilis BPS selalu dapat dipandang dari dua sudut yang berbeda. Pemahaman wartawan akan data menjadi penting karena mereka adalah corong informasi yang akan mengarahkan pandangan masyarakat terhadap data dari BPS.

“Kami sangat mengapresiasi rekan-rekan wartawan sudah berpartisipasi seharian dalam workshop ini, dengan materi yang sangat padat. Semoga rekan wartawan dapat membantu BPS menyampaikan penyajian data yang baik dan benar sehingga mudah di konsumsi oleh masyarakat,” kata Suntono, Kepala BPS NTB.

Selain itu Suntono sempat menyinggung pentingnya satu data yang akurat dari satu sumber, yakni data yang dihimpun oleh BPS. Sehingga, tidak ada lagi data yang berbeda, baik oleh statistik maupun lembaga terkait lainnya.

Baca juga:  Kepala BPS: Secara Umum Pariwisata NTB Mengalami Peningkatan

“Harapannya wartawan dapat menjadikan data BPS NTB sebagai acuan dalam menulis berita. Jangan sampai mengambil data dari sumber lain yang tidak akurat, itulah yang di maksud dengan satu data,” jelasnya.

Workshop yang dihadiri sebanyak 38 wartawan media online, cetak dan televisi di Provinsi NTB ini mengupas tuntas metode atau cara yang digunakan BPS dalam pengambilan sample data dan juga cara yang baik dan benar dalam memahami data yang dirilis.

Penjelasan dari para pemateri meliputi, Data Inflasi, Literasi Data Strategis, Data Pertanian, Pendidikan dan Pariwisata, juga Angka Kemiskinan dan Pengangguran serta Perbaikan Data.

Pemaparan tentang Inflasi, Pariwisata, Pendidikan dan Angka Kemiskinan menjadi fokus para wartawan yang hadir. Beberapa angka menunjukkan hasil yang diraih Pemerintah Provinsi NTB saat ini masih di bawah target.

Narasumber yang hadir dari BPS NTB di antaranya, Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Ir. I Gusti Lanang Putra, Kabid Statistik Distribusi Ir. Lalu Putradi, Kepala Seksi Statistik Industri Ir. Hj. Raehatul Jannah dan Kepala Bidang Statistik Sosial Arrief Chandra Setiawan, SST, M.Si. (LI/AA)

Baca juga:  Deddy Rahmat: Industrialisasi NTB, Jalan Panjang Menuju NTB Gemilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.