Home Industry News Tiga Even Pariwisata NTB Masuk 100 Calender of Event Wonderful 2019

Tiga Even Pariwisata NTB Masuk 100 Calender of Event Wonderful 2019

0
SHARE

Jakarta, LombokInsider.com – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari 2 pulau yakni Lombok dan Sumbawa, telah sangat dikenal dengan keindahan alamnya, keanekaragaman seni dan budaya, serta beragam kuliner yang merupakan faktor pendukung perkembangan pariwisata di daerah ini.

Masyarakatnya patut berbangga, karena 3 even pariwisata yang ada di NTB masuk dalam100 atraksi wisata terbaik persembahan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI 2019. Semuanya dirangkum dalam 100 Calendar of Events 2019. Peluncurannya dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (20/12) pekan lalu.

Ketiga even tersebut adalah, Festival Pesona Bau Nyale, akan digelar pada 20 Februari di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, kemudian pada 10-28 Mei, Festival Pesona Khazanah Ramadhan digelar memeriahkan bulan suci Ramadhan dan pada 9-16 September, Festival Pesona Moyo akan dilaksanakan di Sumbawa Besar.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengungkapkan, Calendar of Events Wonderful 2019 tercipta atas prakarsa Presiden RI. Presiden menginginkan agar Indonesia mempunyai event yang berkualitas dan berstandar internasional sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan.

Baca juga:  Disiarkan Live, Pesona Khazanah Ramadhan Dapat Dinikmati dari Rumah

“Ini merupakan rangkuman event terbaik yang dimiliki Indonesia yang terdiri dari 10 Top Event serta 100 Wonderful Event. Karena semua telah menjalani kurasi yang ketat dengan standar event internasional. Sehingga menjadi atraksi yang dapat mengundang wisatawan lebih banyak lagi,” ujar Menpar Arief Yahya.

Hal ini juga sejalan dengan tren berwisata kaum milenial, yang sarat akan konten digital. Keberadaannya terbukti efektif dalam membantu mempromosikan suatu destinasi/event sehingga viral dan dikunjungi banyak orang.

Ratusan event dari 34 provinsi telah terpilih melalui kurasi yang ketat berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Event-event ini harus mempunyai Creative Value, Commercial Value, Communication Value, serta CEO Commitment.

Jaminan ini pun bukan isapan jempol belaka. Hal ini terlihat dari deretan tim kuratornya. Terdiri dari 6 orang terbaik, semuanya berkopeten dibidangnya. Seperti Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono yang menilai terkait Media Value event. Lalu ada Taufik Rahzen Cultural Value, kemudian ada Jacky Mussry Commercial Value, ada pula Denny Malik Coreographer. Langganakan juara carnaval Dynand Fariz juga masih ikut serta dan terakhir Eko “PeCe” Supriyanto Coreographer opening Ceremony Asian Games 2018 di Jakarta yang juga Coreographer penyanyi Madonna.

Baca juga:  Potensi Wisata Melimpah, Wagub NTB: Promosi Harus Diperkuat dengan Sosmed

“Ketentuannya ketat. Eventnya harus yang sudah dikenal secara umum. Selain itu, sudah diselenggaralan secara kontinyu (3-4 tahun berturut-turut) dan memiliki sebaran daerah (proporsional). Eventnya pun harus memiliki pengaruh langsung kepada sosial ekonomi masyarakat dan dapat meningkatkan media value terhadap image daerah. Dan yang pasti tepat waktu. Tidak ada perubahan tanggal pelaksanaan,” ujar Ketua Pelaksana Calender of Event 2019 Esthy Reko Astuti.

Jadi tandai kalender anda sekarang dan rencanakan perjalanan untuk menikmati pengalaman seru terlibat dalam berbagai ajang budaya di seluruh Indonesia.Selamat menikmati ragam event terbaik di Indonesia. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.