Home Industry News Sukseskan Zero Waste, 50 Desa Wisata Gelar Aksi Bersih

Sukseskan Zero Waste, 50 Desa Wisata Gelar Aksi Bersih

0
SHARE
Sukseskan Zero Waste, 50 Desa Wisata Gelar Aksi Bersih
Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, saat meninjau aksi bersih-bersih di Desa Wisata Pesanggrahan, Kec. Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Ahad (21/2/21).

Selong, LombokInsider.com – Sebanyak 50 desa wisata di seluruh NTB melakukan aksi bersih-bersih untuk menyambut hari peduli sampah nasional dan bersih destinasi wisata.

Aksi gotong royong membersihkan sampah di setiap akses jalan dan sudut desa wisata tersebut untuk mendukung dan mempercepat terwujudnya NTB zero waste atau mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

Program NTB Zero waste merupakan salah satu program unggulan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tertuang dalam visi misi NTB gemilang yaitu NTB Asri dan Lestari.

Program mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat itu masih terus didorong oleh pemerintah hingga ke desa-desa yang diintergrasikan melalui kegiatan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.

Termasuk kegiatan memilah dan mengolah sampah menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomi.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, semua desa-desa wisata yang pernah dikunjunginya selalu menunjukan progres yang sangat baik.

Terutama desa-desa yang telah bertransformasi menjadi desa wisata melalui kekompakan pemerintah desa, kelompok sadar wisata dan masyarakatnya mengalami peningkatan yang membanggakan.

Baca juga:  Umi Rohmi Launching Gerakan Bappeda Zero Waste

“Semua elemen masyarakat desa adalah power untuk mensukseskan berbagai program pembangunan dari pemerintah. Alhamdulillah, 10 kabupaten kota di NTB sangat responsif untuk menjalankan berbagai program pemerintah Provinsi NTB,” tegas Ummi Rohmi usai meninjau aksi bersih-bersih di Desa Wisata Pesanggrahan, Kec. Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Ahad (21/2/21).

Menurut Ummi Rohmi sapaan akrabnya, Hampir semua desa wisata menawarkan sesuatu hal yang menyenangkan dengan ciri khas keindahan yang tiada tara. Bahkan keindahan dan potensi alam yang melimpah, tidak pernah habis-habisnya yang Allah SWT limpahkan kepada masyarakat NTB.

“Maka nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan?. Mudah-mudahan kita pandai mensyukurinya. Cara kita bersyukur adalah dengan menjaga kelestarian, lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan,” ungkap wagub.

Selain itu, Ummi Rohmi juga meminta kepada desa untuk segera merevitalisasi posyandu menjadi posyandu keluarga. Program revitalisasi posyandu sebenarnya tidak membutuhkan anggaran yang terlampau banyak.

Karena program itu ditekankan pada penambahan layanan dengan memanfaatkan layanan yang sudah ada sehingga diharapkan bahwa cakupan layanannya akan merangkul mulai dari bayi, remaja hingga para lansia.

Baca juga:  Gubernur NTB Serahkan 40 Motor Roda Tiga untuk Dukung Program Zero Waste

“Selain menjaga kebersihan dan lingkungan, desa yang hebat adalah desa yang sudah memiliki posyandu keluarga. Mari kita jadikan posyandu kita menjadi posyandu keluarga yang bisa melayani masyarakat dari bayi sampai lansia,” jelas Ummi Rohmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.