Home Government Affairs Segera, Dua Laboratorium RS di NTB Siap Periksa Spesimen Covid-19

Segera, Dua Laboratorium RS di NTB Siap Periksa Spesimen Covid-19

60
0
SHARE

Mataram, LombokInsider.com – Setelah Laboratorium Biomedik Litbangkes pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) NTB, Kementerian Kesehatan RI juga menunjuk Laboratorium pada Rumah Sakit Universitas Mataram sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Virus Corona Pemprov NTB, I Gede Putu Aryadi, mengatakan bahwa penambahan satu Laboratorium di RS Unram tersebut berdasarkan surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/216/2020 menyusul tiga Laboratorium kesehatan daerah lainnya, diantaranya Laboratorium pada Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jawa Tengah, Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga dan Laboratorium Mikrabiologi Kilinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Dalam SK Menteri Kesehatan tersebut dijelaskan bahwa Laboratorium yang telah mendapat izin pemerikasaan wabah corona itu memiliki tugas-tugas sebagai berikut. Pertama, menerima spesimen untuk pemeriksaan Covid-19 dari rumah sakit/dinas kesehatan/laboratorium kesehatan lainnya.

Kedua, melakukan pemeriksaan screening pada spesimen Covid-19 menggunakan form dan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh badan penelitian dan pengembangan kesehatan.

Ketiga, mengirimkan seluruh spesimen untuk uji validasi ke laboratorium rujukan nasional Covid-19. Dengan diizinkannya NTB melakukan pemeriksaan sampel pasien sendiri, maka penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona akan lebih cepat dan efisien. Sehingga tidak perlu menunggu hasil pengiriman sampel ke Surabaya dan Jakarta sebagai laboratorium rujukan nasional.

Selain itu, menurutnya pada Jum’at (3/4/20) , pihak RSUD Provinsi NTB, telah menerima kedatangan Alat rt-PCR beserta bantuan reagen dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI yang akan digunakan untuk pemeriksaan sampel bagi PDP Covid – 19.

Kedatangan alat ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah Provinsi khususnya RSUD Provinsi NTB untuk melengkapi kebutuhan prasarana sebagai salah satu jejaring Laboratorium Pemeriksaan Covid – 19 di Provinsi NTB berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK 01.07/Menkes/214/2020.

Harapannya dengan kehadiran alat ini NTB bisa melakukan pemeriksaan mandiri dan dapat mempercepat penentuan hasil pemeriksaan Swab PDP terkait Covid – 19 di Provinsi NTB.

Pemeriksaan Swab dengan rtPCR di Unit Riset Biomedik RSUD Provinsi NTB direncanakan bisa mulai operasional Senin mendatang.

Semoga dengan ikhtiar ini bisa mempercepat penanganan Covid 19 di Provinsi NTB.pemeriksaan sampel PDP Covid – 19. (LI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.