Home Industry News Pusat Setujui 3 Usulan Proyek Nasional Untuk NTB Tahun 2021

Pusat Setujui 3 Usulan Proyek Nasional Untuk NTB Tahun 2021

0
SHARE
Pusat Setujui 3 Usulan Proyek Nasional Untuk NTB Tahun 2021
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc., saat saat Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur NTB dan Gubernur se-Sulawesi yang dilakukan secara virtual, Selasa (23/2/21).

Mataram, LombokInsider.com – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc., mengucap syukur atas tiga usulan proyek pembangunan tahun 2021 di NTB bisa disetujui untuk dilakukan pada 2021 ini.

Tiga usulan proyek pembangunan yang diusulkan sejak tahun 2020 tersebut diantaranya, pembangunan Rumah Sakit (RS) Mandalika, penyempurnaan Science Techno Industrial Park (STIP) dan NTB Hijau.

Diterimanya ketiga usulan Pemprov NTB tersebut terungkap saat Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur NTB dan Gubernur se-Sulawesi yang dilakukan secara virtual, Selasa (23/2/21) dari ruang kerja kantor Gubernur NTB di Mataram.

Rakorgub ini difasilitasi Kementerian PPN/Bappenas RI yang juga menghadirkan pejabat eselon I dan II Bappenas RI, Gubernur dan Kepala Bappeda di NTB dan 6 provinsi se-Sulawesi.

Gubernur Zulkieflimansyah lebih lanjut dalam Rakorgub tersebut lebih detail mengungkapkan, khusus untuk pembangunan RS Mandalika yang areanya berdekatan dengan sirkuit harus menjadi prioritas utama untuk segera dituntaskan pembangunannya, mengingat gelaran MotoGP, dalam hemat Doktor Ekonomi Industri ini akan digelar tahun 2021.

Alasannya, pelaksanaan event dunia MotoGP yang menghadirkan pembalap-pembalap kawakan dunia disertai para penonton dari negara-negara di dunia ini jika terjadi sesuatu (kecelakaan, red) harus segera mendapatkan perawatan di RS Internasional Mandalika.

Baca juga:  Perkuat Branding Pariwisata NTB, BPPD Bersinergi Dengan Media Nasional

Mantan Anggota DPR RI ini juga mengungkapkan alasan dipercepatnya penuntasan pembangunan RS Mandalika ini atas perintah Presiden Jokowi yang disampaikan melalui Kemenkraf RI, Sandiaga Uno, saat berkunjung ke Mandalika Resort agar pelaksanaan MotoGP ini bisa terlaksana 2021 ini dan menghadirkan penonton yang cukup banyak.

“Karena itu segala fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan MotoGP ini termasuk pembangunan RS Mandalika juga bisa dipercepat,” beber Gubernur.

Usulan berikutnya, lanjut Bang Zul sapaan akrab orang nomor satu di NTB ini yakni mewujudkan “NTB Hijau” melalui gerakan reboisasi atau menghijaukan kawasan hutan-hutan yang kritis di NTB.

Dampak positif dengan NTB Hijau ini diharapkan ketersediaan air bisa dipenuhi sehingga kesinambungan pembangunan dengan hutan yang tetap lestari bisa diwujudkan dengan baik.

“Kita rencanakan dalam program NTB Hijau ini kita rencanakan luas areal yang direboisasi 200 ribu hektar. Diharapkan program ini bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Zulkieflimansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.