Home Government Affairs Pilkada Masa Pandemi, DPD RI dan Pemprov NTB Atensi Penerapan Protokol Covid

Pilkada Masa Pandemi, DPD RI dan Pemprov NTB Atensi Penerapan Protokol Covid

0
SHARE
Pilkada Masa Pandemi, DPD RI dan Pemprov NTB Atensi Penerapan Protokol Covid
Pimpinan dan anggota DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Pemprov NTB, Selasa, (17/11/20).

Mataram, LombokInsider.com – Menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi NTB bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terus menjalin koordinasi. Koordinasi itu, guna memastikan proses Pilkada di tujuh kabupaten/kota di NTB berjalan dengan lancar.

Dalam rangka pengawasan dan pelaksanaan Pilkada 2020, pimpinan dan anggota DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Pemprov NTB, Selasa, (17/11/20). Wakil Ketua DPD RI, Dr. H. Mahyudin, menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada di tengah Covid-19 berpegang pada beberapa prinsip.

Pertama, perlu memperhatikan perlindungan, keamanan jiwa dan kesehatan yang maksimal terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksaan Pilkada, mulai dari hulu sampai dengan hilir tahapan Pilkada.

“Masalah keselamatan ini tidak bisa ditawar, jangan sampai penyelenggara dan masyarakat tertular Covid-19, dan menimbulkan klaster baru, klaster Pilkada,” ujar Mahyudin saat memberikan sambutan dalam kunker yang bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB tersebut.

Kedua, ketersediaan kerangka hukum yang adaptif tetapi tetap akuntabel dalam pelaksanaan Pilkada. “Kerangka hukum ini yang pro pada keamanan dan kesehatan semua pihak. Tentu kami juga sudah diberitahu bahwa disini sudah ada Perda tentang Covid, mudah-mudahan Perda ini bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Perinsip ketiga, lanjutnya, penting untuk diperhatikan yakni, dukungan anggaran dan distribusi logistik yang tepat waktu. “Di setiap TPS perlu memperhatian ketersediaan masker, sarung tangan dan handsanitizer untuk petugas-petugas di TPS. Karena jika pendistribusiannya lamban, nanti masyarakat terlanjur membludak dan kita harapkan masyarakat datangnya tidak berdesak-desakan,” ungkapnya.

Baca juga:  Mendagri Optimis NTB Mampu Sukseskan Pilkada Serentak 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.