Home Industry News Penting! Gunakan BBM yang Sesuai Dengan Jenis Mobil Anda

Penting! Gunakan BBM yang Sesuai Dengan Jenis Mobil Anda

0
SHARE
Penting! Gunakan BBM yang Sesuai Dengan Jenis Mobil Anda
POM Bensin.

Mataram, LombokInsider.com – Menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang sesuai dengan jenis mobil adalah hal yang penting untuk dilakukan. Selain dapat mengoptimalkan tenaga yang dihasilkan kendaraan, hal ini juga dapat menjaga kesehatan mesin agar tetap tahan lama.

Akan tetapi, masih banyak orang yang memilih BBM yang paling ekonomis, meskipun tidak semua kendaraan disarankan menggunakan pilihan tersebut.

Lantas, mengapa Anda harus memilih BBM yang sesuai dengan jenis kendaraan? Simak ulasan singkatnya berikut ini!

Research Octane Number (RON)

Tidak sembarang jenis minyak dapat dijadikan bahan bakar. Salah satu penyebabnya adalah nilai oktan atau yang dikenal juga sebagai RON (Research Octane Number).

Pada dasarnya, RON mengacu pada mutu yang dimiliki bahan bakar. Semakin tinggi oktan yang dimiliki, maka akan semakin optimal juga tingkat kompresi dan tenaga yang dihasilkan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, cari tahu kebutuhan RON kendaraan Anda. Pada dasarnya, hampir semua kendaraan terkini cocok dan direkomendasikan menggunakan RON yang lebih tinggi untuk menjaga performa mesin kendaraan, seperti Pertamax dengan RON 92.

Baca juga:  Halalbihalal Bersama ASN, Gubernur NTB Serukan Pentingnya Harmonisasi Kerja

Kualitas Mesin yang Menggunakan Pertamax

Kendaraan pribadi khususnya mobil sangat disarankan menggunakan Pertamax karena dapat membersihkan mesin dan menjaganya agar bebas karat. Berkat RON Pertamax yang lebih tinggi ditambah Pertamina Fuel Additives mesin mobil akan terjaga dari pengendapan kotoran.

Jika dilihat selama jangka panjang, tentu Anda jadi lebih menghemat. Hal ini karena Anda nantinya tidak perlu pergi ke bengkel untuk membenahi mesin yang rusak karena penggunaan BBM yang tidak sesuai jenis mobil.

Emisi yang Dihasilkan

Emisi yang dihasilkan pada BBM yakni karbon monoksida (CO), oksida nitrogen (NOx), serta Hidrokarbon (HC). Masing-masing emisi tersebut dapat menghasilkan berbagai dampak. Apa saja, ya?

Karbon monoksida dapat sebabkan pusing, sakit kepala, hingga sakit jantung jika terpapar oleh tubuh selama jangka panjang. Kemudian, nitrogen oksida bisa menimbulkan gangguan pernapasan.

Sedangkan untuk hidrokarbon, Anda bisa merasakan dampak yang sangat mematikan, yakni kanker. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi emisi lingkungan tersebut?

Pada dasarnya, menjaga lingkungan membutuhkan kerja sama dari semua pihak, termasuk Anda sebagai pemilik kendaraan. Maka dari itu, Anda pun perlu menjalankan peran tersebut dan menggunakan BBM dengan emisi lebih rendah, yakni Pertamax.

Baca juga:  Perayaan Imlek 2020, Gubernur Ingatkan Pentingnya Persatuan

Demikian berbagai ulasan mengapa harus menggunakan Pertamax untuk kendaraan Anda yang wajib untuk Anda ketahui. Pada dasarnya, pilihan BBM untuk kendaraan pribadi akan jatuh kepada masing-masing orang.

Namun, pemilihan yang tepat bukan hanya penting untuk kendaraan pribadi Anda dan performanya, tetapi juga kualitas udara di lingkungan tempat Anda tinggal. (LI)

Sumber: mypertamina.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.