Home Industry News NTB Terima SK Perhutanan Sosial 14.800 Ha, Gubernur: Manfaatkanlah Hutan dengan Bijak

NTB Terima SK Perhutanan Sosial 14.800 Ha, Gubernur: Manfaatkanlah Hutan dengan Bijak

0
SHARE
NTB Terima SK Perhutanan Sosial 14.800 Ha, Gubernur: Manfaatkanlah Hutan dengan Bijak
NTB Terima SK Perhutanan Sosial 14.800 Ha, Gubernur: Manfaatkanlah Hutan dengan Bijak.

Mataram, LombokInsider.com – Presiden RI, Joko Widodo menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial (Hutsos), Hutan Adat dan Tanah Obyek Reforma Agraria (Tora) secara serentak se-Indonesia yang berlangsung secara virtual, Kamis, 7 Januari 2021.

Sebanyak 2.929 SK Perhutanan Sosial dengan luas 3.442.000 Ha untuk 651.000 KK diharapkan Jokowi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat penerima SK. Selain itu, sebanyak 35 SK Hutan Adat seluas 37.500 Ha dan 58 SK TORA seluas 72.000 Ha di juga turut diserahkan kepada 17 Provinsi.

“Sejak lima tahun terakhir, pemerintah memiliki perhatian yang khusus kepada yang namanya redistribusi aset,” ujar Presiden memulai sambutannya.

Redistribusi aset disebut Presiden sangat kuat pengaruhnya dengan permasalahan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ada di Indonesia. Hal ini juga menjadi jawaban di tengah maraknya sengketa agraria yang kerap terjadi belakangan ini.

“Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong redistribusi aset ini, baik melalui kebijakan perhutanan sosial dan reforma agraria,” jelasnya.

Presiden menekankan bahwa kegiatan penyerahan SK akan terus mendapat pantauan dari pusat. Untuk itu, Ia meminta masyarakat penerima SK dapat mempergunakan hutan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:  Wapres Apresiasi Langkah Gubernur Cegah Stunting di NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.