Home Industry News NTB Berhasil Ciptakan Rapid Test Antigen “ENRAM”

NTB Berhasil Ciptakan Rapid Test Antigen “ENRAM”

0
SHARE
NTB Berhasil Ciptakan Rapid Test Antigen “ENRAM”
Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., didampingi Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., dan Kepala Laboratorium Hepatika Bumi Gora, Prof. Dr. Mulyanto, saat acara Press Conference peluncuran Rapid Test Antigen, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Kamis (25/2/21).

Mataram, LombokInsider.com – Prestasi membanggakan kembali diukir Provinsi NTB. Setelah berhasil menciptakan dan mengembangkan alat Rapid Diagnostic Test (RDT) atau alat rapid test antibody, Universitas Mataram (Unram) bersama dengan Laboratorium (Lab) Hepatika Bumi Gora berhasil menciptakan alat Rapid Test Antigen yang dilabeli dengan nama “ENRAM”.

Alat rapid test antibody buatan lokal NTB ini bahkan tingkat akurasinya tidak kalah dengan alat sejenis yang selama ini digunakan untuk melakukan tracing contact.

“Selama ini, berbicara Corona Virus itu, identik dengan alat-alat yang canggih dan berada di kota-kota besar. Namun, dengan proses penelitian dan riset Laboratorium Hepatika dan Unram mampu menghasilkan inovasi alat Rapid Test Antigen,” kata Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., didampingi Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., dan Kepala Laboratorium Hepatika Bumi Gora, Prof. Dr. Mulyanto, saat acara Press Conference peluncuran Rapid Test Antigen, di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Kamis (25/2/21).

Bahkan, menurut Gubernur, kolaborasi Laboratorium Hepatika dan Rumah Sakit Unram, mampu membuat alat yang memiliki akurasi yang tinggi untuk menguji Covid-19.

Baca juga:  Meriahkan Pesona Khazanah Ramadhan, Pemprov NTB Gelar Pameran Buku Islami

Keberadaan alat penemuan baru ini dapat memudahkan tracing kepada penderita Covid, sehingga dapat mengurangi angka penyebaran Corona Virus di NTB.

Selama ini di NTB terkendala dengan alat, namun dengan kehadiran alat produk lokal dalam daerah, diharapkan mampu mengatasi pandemi.

“Kalau sudah alatnya jelas, maka tracingnya cepat. Mudah-mudahan pandemi ini cepat teratasi,” harap Doktor Zul sapaan Gubernur.

Doktor Zul meminta, agar alat Rapid Test Antigen “Enram” ini dapat diproduksi lebih banyak lagi. Ia menargetkan akhir Maret 2021 dapat diproduksi sebanyak 50 ribu.

“Lebih cepat lebih baik, minimal akhir Maret 2021 dapat diproduksi 50 ribu alat,” harap mantan anggota DPR RI ini.

Tidak pernah disangka NTB mampu membuat alat Rapid Test Antigen. Ini membuktikan bahwa industrialisasi tidak identik dengan pabrik-pabrik besar. Bahkan Gubernur yakin, bila diberi kesempatan dan sumber daya, NTB mampu membuat Vaksin.

Ia mengapresiasi usaha dan ikhtiar Profesor Mul sapaan Kepala Laboratorium Hepatika Bumi Gora dan Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni.

Baca juga:  Ini Dia Para Pahlawan NTB yang Bertarung di MTQ XXVI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.