Mataram, LombokInsider.com – Sebagai salah satu upaya meraih target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 dan mendorong promosi pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan publikasi dan promosi “Wonderful Indonesia” pada portal pemberi ulasan wisata dunia, TripAdvisor.

Apresiasi

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi NTB, menyampaikan terima kasih dan apreasi untuk Kementerian Pariwisata dan TripAdvisor atas terselenggaranya acara ini, dimana tampaknya industri-industri pariwisata yang ada telah memberikan atensi yang baik pada acara ini guna meningkatkan eksistensi pariwisata di Lombok, dengan ini image pariwisata dapat terbangun dan meluas dengan cepat,” ungkap Kadis Budpar NTB, HL. Moh. Faozal saat membuka acara. Menurutnya hal ini sangat tepat dimana merupakan salah satu cara dalam penguatan pemasaran wisata Indonesia melalui saluran digital atau dunia maya yang bersifat tanpa batas dan dapat menjangkau berbagai belahan dunia.

Untuk menyebarkan informasi mengenai pemasaran pariwisata melalui dunia digital, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, TripAdvisor dan Inspira Mediatama selaku Media Representatif TripAdvisor di Indonesia mengadakan rangkaian acara bertajuk “Tripadvisor Insights : Master Class – A Workshop For Digital Training For Destination In Indonesia”. Mataram merupakan tuan rumah kedua yang dipilih untuk menggelar acara ini pada (25/8) 2016, di Garuda Ballroom, Golden Palace Hotel.

Acara serupa sebelumnya telah digelar di Bandung pada Mei lalu. Workshop ini dihadiri tidak kurang dari 150 orang yang merupakan perwakilan dari hotel dan restoran, travel serta industri pariwisata lainnya di NTB. Pada kesempatan yang sama hadir pula Helmy Faishal Zaini, yang merupakan anggota Komisi X DPR RI bidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga dan Perpustakaan yang memberikan sambutan serta bersama-sama membahas perkembangan pariwisata di Indonesia, khususnya di Lombok dan Sumbawa – NTB.

Pemaparan Pemateri

Sementara itu Martini M. Paham, Kepala Bidang Komunikasi Media Online, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata tampil sebagai salah seorang pemateri, memberikan paparan “Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara” sebagai pengantar pembahasan selanjutnya mengenai pemasaran pariwisata melalui digital marketing. “Komunikasi pemasaran merupakan penyampaian pesan citra pariwisata secara terpadu dan terkoordinasi ke target pasar, dengan menggunakan berbagai jenis media komunikasi dan strategi,” kata Martini M. Paham pada presentasinya.

Menurutnya tren yang ada saat ini memaksa para industri pariwisata untuk dapat melakukan pemasaran melalui digital marketing. Kementerian melalu kegiatan branding memberikan informasi mengenai Indonesia secara keseluruhan, sedangkan pada kegiatan advertising akan melekatkan “Wonderful Indonesia” sebagai ikon dan tagline memperkenalkan potensi wisata Indonesia. Selain itu berdasarkan presentasi Martini M. Paham, Kementerian juga mendukung selling yang dilakukan oleh industri pariwisata Indonesia pada berbagai kegiatan di luar negeri. Tercatat ada 10 destinasi yang menjadi unggulan Kementerian Pariwisata dalam Promosi potensi pariwisata tanah air yakni: Greater Jakarta, Greater Bali, Greater Batam, Medan, Bandung, Joglosemar – Yogyakarta, Solo dan Semarang, Banyuwangi, Lombok Makassar dan Bunaken, Wakatobi serta Raja Ampat.

Salah satu langkah yang ditempuh pihak Kementerian Pariwisata dalam menggenjot pemasaran melalui media dalam jaringan (online) adalah membangun kerjasama dengan situs TripAdvisor, yang merupakan portal komunitas wisata terbesar di dunia dimana mereka memberikan ulasan-ulasan kepada industri pariwisata dan juga memberikan pertimbangan kepada calon wisatawan untuk menentukan pilihan jenis wisata yang diinginkan.

TripAdvisor. Matthew Zatto, Sales Manager, Destination Marketing – TripAdvisor Southeast Asia saat Memberikan Pemaparan.

TripAdvisor. Matthew Zatto, Sales Manager, Destination Marketing – TripAdvisor Southeast Asia saat Memberikan Pemaparan.

Pada sesi pemaparan, Matthew Zatto, Sales Manager, Destination Marketing – Southeast Asia memberikan gambaran mengenai TripAdvisor dan ulasan mengenai kebiasaan para wisatawan dari berbagai negara. Kemudian disusul oleh Jimmy Lim (Continuity Manager, Hotel Solutions, APAC, TripAdvisor pada sesi berikutnya, dengan memberikan bekal bagi para stakeholder dan pelaku pariwisata NTB, khususnya Hotel di Lombok dan sekitarnya untuk memecahkan masalah yang biasa dihadapi pada dunia digital marketing.

Sebagai penutup, Dan Penner Regional Manager for SE Asia and Pacific, Viator memberikan gambaran mengenai pengelolaan travel dan dukungan pada pariwisata. Bedasarkan riset yang dilakukan oleh TripAdvisor, bagaimana tren global dalam berwisata harus menjadi perhatian bagi para pelaku industri wisata di Indonesia. Pengalaman merupakan kata kunci dari apa yang diinginkan para wisatawan dalam perjalanan mereka. Mereka tertarik untuk melakukan eksplorasi, merasakan, dan bahkan melakukan bagaimana aktivitas serta kebudayaan lokal di daerah tersebut. Hal itu pula yang menjadi fokus TripAdvisor dalam menjaring ulasan-ulasan para wisatawan.

Jalin Kerjasama

Telah terjalin kerjasama antara Kementerian Pariwisata dan TripAdvisor dalam kurun waktu 2016, semua kerjasama ini bertujuan meningkatkan awareness dari para calon wisatawan potensial di berbagai belahan dunia. Bentuk kerjasama tersebut antara lain; Pemasangan web banner dan home page hero sponsorship pada 16 pasar utama yaitu Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, India, Timur Tengah, Belanda, Jerman, Prancis, Inggris dan Amerika Serikat serta pasar Tiongkok dengan teknik pemasaran tersendiri.

Kerjasama. Kemenpar Menjalin Kerjasama dengan TripAdvisor untuk Promosi Internasional.

Kerjasama. Kemenpar Menjalin Kerjasama dengan TripAdvisor untuk Promosi Internasional.

Potensi pariwisata NTB merupakan salah satu destinasi wisata yang diunggulkan baik oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai salah satu daerah prioritas yang di promosikan maupun TripAdvisor. Sehingga pada 2016 ini, TripAdvisor melalui “TripAdvisor Travellers Choice Award” menganugerahkan Lombok (#5) dan Gili Trawangan (#6) sebagai bagian dari jajaran 10 pulau terfavorit di Asia versi pengguna TripAdvisor.

Tripadvisor merupakan portal komunitas wisata dunia pemberi ulasan yang telah peroperasi sejak 2000 lalu dan merupakan situs pariwisata terbesar di dunia*, TripAdvisor, Inc. (NASDAQ: TRIP) mengembangkan jejaringnya menjadi 23 situs dengan 28 bahasa di 48 negara. Setiap bulan, terdapat 340 juta* orang mengkases beragam situs tripadvisor yang memiliki lebih dari 350 juta ulasan mengenai lebih dari 6,5 juta akomodasi, restoran dan atraksi wisata dengan laju 200 review per-menit. Beragam ulasan mengenai destinasi dan industri pariwisata tersebut didapatkan dari 96 juta anggota Tripadvisor seluruh dunia. (LI/SP/AA)

*berdasarkan comScore Media Metrix for TripAdvisor Sites, worldwide, May 2016

**sumber : TripAdvisor log files, Q2 2016

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com