Mataram, LombokInsider.com – Saat ini pariwisata memang menjadi salah satu program prioritas dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), berkembangnya pariwisata di Lombok, membuat banyak bermunculan lembaga pendidikan di bidang pariwisata.

Salah satunya adalah Pusat Pelatihan Pengembangan Profesi Lombok (P4L), lembaga ini hadir di Mataram untuk menjawab tantangan akan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bidang industri perhotelan yang berkualitas, terampil dan siap pakai juga sebagai persiapan dalam menyambut MotoGP 2021.

“Kami P4L konsen kepada menciptakan SDM yang berkualitas, terampil dan siap pakai. Kualitas memang tujuan kami, bukan kuantitas,” kata Vicky Hanoy Ketua Lembaga P4L ini di Mataram, Sabtu (5/10).

Lebih lanjut Vicky menjelaskan bahwa untuk tahap awal pada November 2019 nanti saat menerima peserta didik baru pihak P4L membatasi hanya 15-20 orang saja per semesternya.

“Kuota kami sangat terbatas, hanya 15-20 orang saja. Hal ini, tentunya untuk memberikan kualitas pembelajaran yang baik kepada peserta didik, karena jika terlalu banyak kami yakin akan mengurangi kualitasnya,” jelas GM Pearl of Trawangan ini.

Vicky mengibaratkan kualitas hasil lulusan P4L ini nantinya seperti 2 gram emas yang berbanding dengan 2 kilogram timah, secara kuantitas sedikit tapi berkualitas.

Selain menghasilkan tenaga perhotelan yang berkualitas, salah satu tujuan berdirinya P4L adalah mendukung industri perhotelan dalam menyediakan SDM dalam menyambut persiapan 2021 dimana Lombok akan menjadi tuan rumah gelaran sport tourism kelas dunai MotoGP.

Menurut Vicky, pada 2021 nanti di wilayah KEK Mandalika akan banyak hotel berbintang kelas dunia yang memerlukan SDM siap pakai, terutama dari wilayah sekitar di Lombok Tengah. Sedangkan, saat ini SDM hotel-hotel di Gili dan Senggigi banyak yang berasal dari Loteng, sehingga dapat dipastikan nantinya mereka akan pulang ke daerahnya dan bergabung disana.

Fasilitas praktek dan ruang belajar yang nyaman dan memadai di P4L

“Nah, inilah yang menjadi salah satu pertimbangan kami mendirikan P4L ini, yakni mendukung keberlanjutan dan kemajuan pariwisata NTB dengan menyediakan SDM yang professional dan siap pakai untuk mengisi posisi lowong di hotel-hotel Senggigi dan Gili saat banyak karyawan yang pindah ke Mandalika,” ujar Vicky yang juga menjadi GM Corporate di Amazing Group.

Dengan tenaga pengajar yang professional dari praktisi perhotelan yakni para GM dan Manager, Vicky yakin P4L dapat bersaing dengan lembaga lain dalam menghasilkan SDM perhotelan yang berkualitas dan siap pakai.

“Dalam satu semester, 3 bulan pertama para peserta akan menerima ilmu perhotelan secara umum, kemudian 3 bulan kedua adalah penjurusan (F&B – Room Division) dan 6 bulan berikutnya peserta akan on job training di hotel,” ucapnya.

Menegaskan penjelasan Vicky, Marudut Sihombing salah satu dosen pengajar mengatakan bahwa untuk memberikan kualitas terbaik, pada tahap awal ini P4L hanya menerima 2 jurusan saja, yakni Room Division serta Food & Beverage (FB).

“Untuk saat ini kami hanya membuka 2 jurusan saja, Room Division serta F&B. Sekali lagi ini untuk memberikan proses belajar mengajar yang baik dan berkualitas,” tegas Resort Manager Hotel Meno Island Vila ini.

Mengusung tagline Simple Make Perfect, P4L menawarkan fasilitas ruang belajar yang nyaman (AC), lokasi yang strategis Jl. Saleh Sungkar no. 16 F Ampenan, tenaga pengajar yang professional, on the job training di hotel berbintang, tempat parkir yang luas free wi-fi dan ruang praktek yang memadai. (LI/AA)

Tags:
About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com