Home Industry News Mau Begibung di Hotel Berbintang? Golden Palace Hotel Tempatnya

Mau Begibung di Hotel Berbintang? Golden Palace Hotel Tempatnya

0
SHARE
Golden Palace Tempat Menginap Pejabat Negara Jika Berkunjung ke Mataram.

Mataram, LombokInsider.com –Begibung merupakan cara makan sebagian besar suku sasak terutama di pedesaan, baik pada saat makan bersama keluarga maupun dalam acara-acara tertentu. Hanya begibung dalam sehari-hari dan pada acara tertentu memiliki aturan yang berbeda, dimana begibung pada makan sehari-hari nasi ditaruh dalam dulang dan dibagikan sesuai porsi masing-masing, sedangkan pada saat acara tertentu maka nasinya sudah di tempatkan pada piring masing-masing.

Hal ini bisa juga kita dapatkan di hotel kelas bintang empat ditengah kota Mataram tercinta, tepatnya di Golden Palace Hotel dimana Begibung dijadikan salah satu menu yang ditawarkan pada para tamu. “Ini memang menjadi bagian dari menu promosi kami sejak September lalu dan akan berakhir Oktober ini, selain untuk mengakat nilai lokal juga mengenalkan kepada tamu hotel, bahwa Lombok kaya akan kuliner khas dengan cita rasa yang menggoda,” jelas Ida Ayu Nyoman Sri Utami, bagian Humas sekaligus sekertaris di Golden Palace hotel.

Menu Begibung ala Hotel Golden Palace, Terdiri dari Nasi Putih Hangat, Ares Julat, Pepes Ikan, Sate Buntel, Ebatan, Sambel Matah dan Bawang.
Menu Begibung ala Hotel Golden Palace, Terdiri dari Nasi Putih Hangat, Pindangan Iga, Ares Julat, Pepes Ikan, Sate Buntel, Ebatan, Sambel Matah dan Bawang.

Pindangan Iga, Pepes Ikan, Ebatan, Sate Buntel, Julat Ares dengan Nasi Putih hangat dan sambel matah, merupakan bagian dari menu Begibung yang ditawarkan Golden Palace. “Untuk Pindang Iga kami memilih iga sapi muda sehingga cepat empuk ketika dimasak, dipadu dengan bumbu rajang, santan dan bumbu kuning, sehingga memberikan rasa khas yang meresap kedalam iga yang dimasak,” jelas Chef Beny sang empunya masakan. Sedangkan untuk Pepes Ikan menurut Beny mereka menggunakan ikan Mahi-mahi, karena teksturnya lembut dengan sedikit tulang, relatif aman bagi yang mengkonsumsi.

Baca juga:  Wakil Gubernur NTB Dinobatkan Sebagai Perempuan Inspiratif Indonesia

“Untuk Ebatannya kami lebih meminjam nama saja namun dari segi tampilan dan rasa masakan lebih mendekati urap, karena memang sengaja untuk ciri khas kami di hotel sehingga tidak sama persis dengan bumbu dan bahan yang ada di tempat lain,” lanjut Beny. Demikian juga dengan Sate Buntel yang secara bumbu mirip dengan Sate Pusut hanya saja Golden Palace Hotel menggunakan Ikan Mahi-mahi sebagai bahan dasarnya, digiling halus dengan campuran bumbu genap dan perasan jeruk limau.

Sementara Ares Julat yang menggunakan bahan dasar batang pisang muda dengan bumbu genap ditambah santan dan tetelan daging untuk memberikan rasa kaldu sapi di dalam sayur ares tersebut. “Aslinya makanan-makanan dalam menu Begibung yang banyak beredar di masyarakat Lombok tentunya memiliki cita rasa yang lebih pedas, namun di Golden Palace Hotel tingkat kepedasan itu dikurangi sesuai dengan selera tamu yang berkunjung dan memesan menu Begibung ini.

Tiga dari Lima Smoothies yang di Promosikan Golden Palace Hotel.
Tiga dari Lima Smoothies yang di Promosikan Golden Palace Hotel.

Untuk menambah unsur rasa pedas pihak hotel sengaja menyajikan dua macam sambal yakni Sambal Matah yang terdiri dari irisan bawang merah, bawang putih dicincang halus cabai rawit merah diiris halus, serai diiris halus, daun jeruk purut diiris halus, air jeruk nipis ditambah sedikit minyak goreng, cabe ijo, terasi dibakar dan garam. Juga Sambal Bawang irisan bawang merah, cabe rawit, jeruk limau dan tomat yang ditumis sebentar hingga layu, ini bisa menjadi alternatif bagi tamu yang ingin menambah rasa pedas pada menu Begibungnya. Hanya dengan Rp300.000/3 pax anda sudah dapat menikmati Begibung di hotel yang sering menjadi tempat menginap para pejabat negara ini.

Baca juga:  NTB Diharapkan Jadi Pusat Industri Busana Muslim

Selain menu Begibung, Golden Palace juga menawarkan 5 varian smoothies yakni Tramonto, Luminosa, Viola, Giallo dan Velocita, yang kesemuannya terbuat dari campuran buah segar, Pisang, Mangga, Nanas, Stroberi, Susu Segar, Yogurht dan Madu, dengan harga Rp35.000/gelasnya. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.