Home Industry News Kirimkan 3 Wakil, HFLA Chapter NTB Raih Posisi 4 Besar Kompetisi “ROTY...

Kirimkan 3 Wakil, HFLA Chapter NTB Raih Posisi 4 Besar Kompetisi “ROTY 2019” Nasional

0
SHARE
Kirimkan 3 Wakil, HFLA Chapter NTB Raih Posisi 4 Besar Kompetisi “ROTY 2019” Nasional
Delapan Besar Kompetisi ROTY 2019. Rinaldi Maulana (tengah) Batik Sasambo Biru.

Mataram, LombokInsider.com – Mengirimkan 3 orang wakilnya pada ajang Receptionist of The Year (ROTY) 2019, Hotel Frontliner Association (HFLA) Indonesia chapter NTB sukses merebut peringkat 4 dari 8 peserta terbaik. Acara ini dilaksanakan di Harris Riverview Hotel and Residences Bali, pada Sabtu (23/11) lalu.

Acara yang baru pertama kali di gelar ini berlangsung sehari penuh. Ketiga wakil NTB ini merupakan peserta terbaik pada ajang yang sama tingkat provinsi NTB beberapa waktu lalu.

“Mendapat peringkat 4 dan masuk dalam 8 terbaik ini sudah luar biasa. Apalagi, bagi HFLA NTB even ROTY merupakan hal yang baru dan pertama kali. Kedepan pada even selanjutnya, In Sya Allah kami akan berupaya meriah yang terbaik,” kata Rahman Hidayat, Ketua HFLA NTB yang juga sebagai FO Manager di Lombok Astoria Hotel.

Menurutnya kemampuan para peserta rata-rata cukup berimbang, hanya saja pengalaman dan penguasaan bahasa menjadi kendala wakil NTB saat kompetisi tingkat nasional ini. Rahman berharap untuk kompetisi tahun depan, NTB bisa menjadi tuan rumah.

Baca juga:  Bakohumas NTB Segera Gelar Kompetisi, Kampanye Sebar Berita Baik

“Sebelum pelaksanaan acara, masing-masing daerah peserta diberikan gambaran terhadap pertanyaan-pertanyaan yang akan diujikan. Namun pengalaman dan kualitas bahasa menentukan 3 peserta terbaiknya,” jelas Rahman.

Kompetisi ini diikuti para juara dari masing-masing even ROTY di daerah, berlomba memberikan pengetahuan terbaik mereka. Tiga tahapan tes dilewati oleh masing-masing peserta, writing, presentation dan role play test.

Setiap peserta diberikan kesempatan yang sama untuk menjawab materi-materi pertanyaan berkaitan dengan tanggung-jawab utama mereka sehari-hari. Pada tes tahap awal ini, umumnya peserta bisa menyelesaikan relatif cepat. Tambahan tes presentasi, peserta mempertunjukkan kepiawaian mereka berkomunikasi ke publik.

Pada tahap ini peserta akan membuktikan kemampuan berbahasa asing, serta ‘public speaking skills’. Disebut sebagai Debat Session, karena para peserta disiapkan dua topik berbeda untuk saling mendebat.

Kemampuan argumentatif peserta diuji pada sesi debat ini. Bagaimana mereka menyajikan pendapat dan pandangan mereka sesuai topik debat dan mempertahankannya terhadap argumentasi tim lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.