Home Industry News Hadir di NTB, KPPU Lakukan Pengawasan Hubungan Kemitraan Industrialisasi

Hadir di NTB, KPPU Lakukan Pengawasan Hubungan Kemitraan Industrialisasi

0
SHARE
KPPU NTB
Dari kiri ke kanan, Dendy Rakhmat Sutrisno, Kepala Kanwil IV KPPU, Guntur S. Saragih, Komisioner KPPU, Gopprera Panggabean, Direktur Investigasi KPPU.

Mataram, LombokInsider.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) wilayah IV kini telah hadir di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu tugas utama dan maksud dibentuknya KPPU adalah bagaimana supaya kemitraan antara pelaku usaha besar dengan kecil itu bisa membuat pelaku usaha kecil ini jangan jadi kecil terus tapi menjadi berkembang.

KPPU merupakan lembaga penegak hukum persaingan yang dibentuk berdasarkan amanah Undang-undang Nomor 5 tahun 1999, tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

“Selain itu KPPU mendapat amanat untuk melakukan pengawasan kemitraan sebagaimana diatur dalam Undang-undang no. 20 tahun 2018 jo. Peraturan Pemerintah no. 17 Tahun 2013. Dalam melaksanakan tugas KPPU selalu berkoordinasi, utamanya dengan media,” jelas Dendy Rakhmat Sutrisno, Kepala Kanwil IV KPPU di Surabaya, yang membawahi wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Bali Nusra.

Lebih lanjut Dendy mengatakan, apabila terjadi kemitraan yang tidak setara artinya pelaku usaha besar bertindak menentukan sendiri mengatur sendiri tanpa memperhatikan tanpa mengajak musyawarah kepada mitranya maka itu melanggar dan itu akan kita beri peringatan.

Baca juga:  Bupati Fauzan Khalid Minta Guru Non-PNS Diikutkan BPJS Ketenagakerjaan

Sementara Guntur Saragih, Komisioner KPPU yang sebelumnya menghadap Gubernur NTB bersama Ketua KPPU pusat Kurnia Toha, mengatakan bahwa KPPU melakukan pengawasaan kemitraan agar terjadi keadilan.

Baca juga:

Sinergi Kembangkan SDM Pariwisata, Poltekpar Lombok Gelar Komunikasi Kehumasan

Kemenparekraf: Pentingnya Program Sinergi Bangkitkan Pariwisata Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.