Home Industry News Festival Pesona Senggigi Bangkitkan Gairah Pariwisata Lombok Barat

Festival Pesona Senggigi Bangkitkan Gairah Pariwisata Lombok Barat

0
SHARE
Indah. Pantai Senggigi Akan Menjadi Tempat Pelaksanaan Festival Pesona Senggigi 2016.

Mataram, LombokInsider.com – Dengan akan segera berakhirnya Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) 2016 pada 16 September mendatang, dimana selama sebulan penuh masyarakat NTB telah diberikan suguhan atraksi seni, budaya serta festival. Selanjutnya Disbudpar NTB bersinergi dengan Pemkab Lombok Barat (Lobar) memberikan suguhan lain yang tak kalah serunya dengan ajang BBLS yakni Festival Pesona Senggigi, yang rencananya akan mulai digelar pada 16-19 September mendatang. Festival ini telah memiliki brand image tersendiri bagi wisatawan, khususnya dari mancanegara dan Senggigi juga telah menjadi salah satu destinasi wisata di Lobar yang telah mendunia.

Jumpa Pers. Kadis Budpar NTB, HL. Moh. Faozal (tengah), Ketua BPPD NTB, H. Afan Ahmad (kanan) dan Sumarto Kabid Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Lobar pada Jumpa Pers Kemarin (14/9).
Jumpa Pers. Kadis Budpar NTB, HL. Moh. Faozal (tengah), Ketua BPPD NTB, H. Afan Ahmad (kanan) dan Sumarto Kabid Pemasaran dan Promosi Dinas Pariwisata Lobar pada Jumpa Pers Kemarin (14/9).

Hal itu disampaikan Kadis Budpar HL. Moh. Faozal pada jumpa pers, di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, kemarin (14/9) pada penutupan BBLS yang dirangkai dengan pembukaan Festival Sengggi. “Kegiatan Festival Senggigi kali ini akan lain dari sebelumnya, dimana akan ada tiga spot aktifitas disepanjang jalan raya senggigi sampai Pasar Seni Senggigi, demikian juga ditepi pantainya,” ungkap Faozal. “Setiap panggung akan menampilkan atraksi seni dan budaya yang berbeda sehingga pengunjung dapat memilih sesuai minat mereka. Selain itu akan disediakan 35 stand bazaar kuliner dan UKM yang akan menyediakan berbagai macam kuliner khas daerah serta kerajinan yang menyediakan oleh-oleh untuk menarik minat wisatawan yang hadir,” lanjut Faozal.

Baca juga:  Keren, Festival Pesona Bau Nyale Masuk Kalender Even Nasional Kemenpar RI

Faozal menambahkan bahwa akan ada acara tradisional, pameran ekonomi kreatif serta pelibatan masyarakat bersama kepolisian NTB dan Korem serta siswa SD/SMP di sekitar Senggigi untuk melakukan aksi bersih sepanjang pantai, rencananya juga penyanyi Nugie akan diundang untuk menyemarakan acara peduli lingkungan ini. “Kita ketahui bersama beberapa tahun terakhir Nugie aktif menyuarakan lagu bertemakan lingkungan sehingga akan sangat tepat untuk acara ini,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis Pariwisata Lobar yang diwakili oleh Sumarto, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Promosi mengatakan bahwa pada Festival Senggigi kali ini akan ada lomba perahu hias. “Lomba perahu hias ini akan diikuti sekitar 100 perahu peserta dimana diatasnya akan ada atraksi menabuh Gendang Beleq yang merupakan salah satu budaya tradisional Lombok,” jelas Sumarto. Selain itu akan ada pertandingan voli pantai selama pelaksanaan Festival Senggigi, Peresean, Tari Gandrung pada saat pembukaan serta panggung hiburan musik tradisional dan modern.

Atraksi. Kawasan Wisata Senggigi, Lobar, Akan Menjadi Tempat Atraksi Seni Budaya NTB pada Festival Pesona Senggigi 2016.
Atraksi. Kawasan Wisata Senggigi, Lobar, Akan Menjadi Tempat Atraksi Seni Budaya NTB pada Festival Pesona Senggigi 2016.

Hal yang sama juga disampaikan oleh H. Afan Ahmad selaku ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). “Kami di BPPD telah berkomitmen untuk selalu bersinergi bersama pemerintah dalam hal ini Disbudpar, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB dan juga melakukan branding pariwisata ntuk setiap destinasi wisata di Lombok Sumbawa, termasuk Senggigi yang memang sudah terkenal sejak dulu,” kata Afan. Menurut Afan BPPD juga telah melakukan penguatan branding dengan membuat video dan buku Lombok sebagai destinasi wisata halal, serta berencana melakukan kegiatan roadshow kelima kota besar di Indonesia, Jakarta, Bandung, Jogya, Surabaya dan Kalimantan.

Baca juga:  Provinsi NTB Raih Penghargaan Indonesia Government Procurement Award

Rencananya Festival Pesona Senggigi ini akan dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH sekaligus menutup BBLS secara resmi. Tentunya dengan digelarnya acara-acara semacam BBLS dan Festival Senggigi ini akan membawa dampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke NTB serta meningkatkan perkonomian masyarakat. Selain ketiga narasumber diatas hadir juga pada acara jumpa pers tersebut para blogger Lombok Sumbawa yang telah siap membantu mempromosikan pariwisata NTB ke tingkat nasional bahkan internasional juga puluhan rekan media lokal NTB. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.