Mataram, LombokInsider.com – Festival Pesona Bau Nyale 2018 kembali digelar, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sebagai tuan rumah telah menetapkan puncak acara akan berlangsung pada 6-7 Maret 2018 mendatang. Namun dipastikan sejak 20 Februari mendatang, sudah akan ada rangkaian acara yang berlangsung.

Masuk 100 Wonderful Event

Selain itu pada 2018 ini, even Bau Nyale juga masuk dalam Calender 100 Wonderful Event Kementrian Pariwisata RI, bersama dengan tiga even lainnya yang ada di NTB, yakni Festival Pesona Tambora, Bulan Pesona Lombok Sumbawa dan Festival Pesona Moyo.

“Tahun ini Festival Pesona Bau Nyale memang telah masuk dalam Calender 100 Wonderful Event Kemenpar RI, ini setelah mengalami kurasi dari beberapa kurator yang ikut menilai kelayakan dari sebuah even yang diajukan daerah kepada kementrian,” jelas Esthy Reko Astuti, Staf Ahli Kemenpar RI bidang Multikultural, pada keterangan pers di Hotel Golden Palace, Mataram, Kamis (25/1).

Esthy yang sebelumnya menjabat Deputi Kementerian Pariwisata Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara ini menambahkan bahwa ada beberapa kritetia sebuah even dapat masuk dalam Calender 100 Wonderful Event. Diantaranya, kontinu/berkelanjutan, direct impact atau daya tarik bagi kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara, indirect impact atau keterlibatan masyarakat luas terutama dampak perekonomian.

“Komitmen pemda setempat untuk meningkatkan pengelolaan even tersebut juga menjadi penilaian penting sebuah even untuk dapat masuk dalam daftar 100 Wonderful Event,” tegas Esthy.

Sementara, Sekda Lombok Tengah Nursiah mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Kemenpar RI dan juga Dispar NTB yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap keberlangsungan acara ini.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan Dispar NTB dan Kemenpar RI, terhadap even Festival Pesona Bau Nyale ini. Apalagi 2018 ini even Bau Nyale masuk dalam Calender 100 Wonderful Event, hal yang sangat membanggakan,” ujarnya.

Peningkatan Kualitas Manajemen Even

“Pastinya dengan dukungan yang diberikan, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas manajemen even Festival Pesona Bau Nyale. Khususnya dalam menampilakan berbagai hiburan seni dan budaya, yang mana diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke NTB, terutama pada pelaksanaan even ini,” lanjut Nursiah.

Senada dengan Sekda Loteng, Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal mengatakan bahwa dengan masuknya Bau Nyale dalam 100 Wonderful Event Kemenpar merupakan keuntungan tersendiri.

“Masuknya Festival Pesona Bau Nyale 2018 kedalam 100 Wonderful Event menjadi keuntungan tersendiri bagi kita, karena pusat sudah intervensi dari masalah publikasi dan juga dukungan terhadap beberapa even dalam rangkaian acaranya,” kata Faozal.

“Even ini juga selalu ditunggu dan telah berlangsung terus-menerus bahkan sejak puluhan tahun yang lalu, Bau Nyale sudah sangat melegenda di kalangan masyarakat Lombok, khususnya Lombok Tengah (Loteng) dan juga dikalangan umum bahkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Jadi secara alami telah terpublikasi,” pungkasnya. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com