Home Industry News Dekranasda NTB Dorong Produk UMKM Manfaatkan Pasar Digital

Dekranasda NTB Dorong Produk UMKM Manfaatkan Pasar Digital

0
SHARE
Dekranasda NTB Dorong Produk UMKM Manfaatkan Pasar Digital
Ketua Dekranasda saat mengunjungi dan silaturahmi dengan Pengrajin Anyaman Lontar, Kamis (18/2/2021) di Desa Suradadi, Kabupaten Lombok Timur.

Selong, LombokInsider.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, mendorong pengrajin maupun UMKM di Lombok Timur, untuk memasarkan produk usahanya dengan memanfaatkan platform digital.

“Pemanfaatan teknologi digital menjadi keharusan di era IT, tujuannya untuk memperkenalkan dan menjual produk usaha UMKM agar mendongkrak ekonomi masyarakat pengrajin,” kata Ketua Dekranasda saat mengunjungi dan silaturahmi dengan Pengrajin Anyaman Lontar, Kamis (18/2/2021) di Desa Suradadi, Kabupaten Lombok Timur.

Menurut Bunda Niken, sapaan akrab istri Gubernur NTB ini, salah satu cara untuk meningkatkan pemasarannya dengan menggunakan platform digital agar produktifitas dapat dijangkau oleh berbagai konsumen baik di daerah maupun seluruh pasar Indonesia.

Apalagi NTB memiliki banyak sekali potensi yang terus dapat ditingkatkan. Baik dari sisi proses produksi maupun sisi pemasarannya.

Sehingga penguatan kapasitas dan daya sain pengrajin perlu terus dibina dan ditingkatkan. Termasuk mempersiapkan SDM yang memahami dan menguasai digital atau IT.

Pengrajin-pengrajin harua dilatih dan diberikan pelatihan agar memahami platform digital, mengetahui market place, selain memasarkan produk melalui offline dapat mengusai pasar digital.

Baca juga:  Kunjungi Gili Trawangan, Menparekraf dan Gubernur NTB Pastikan Eksistensi Pariwisata 3 Gili

Dekranasda Provinsi NTB mendukung terbentuknya NTBMall yang sudah berjalan dengan baik. Sehingga pengrajin maupun atau UMKM di Kabupaten/Kota dapat memanfaatkannya sebagai media penjualan atau memasarkan produknya.

Tidak hanya itu lanjut Bunda Niken, Dekranasda NTB juga terus mendorong Dinas Perindustrian mempromosikan keberadaan NTBMall sebagai wadah menampung dan menjual produk lokal masyarakat. Dengan cara mendata produk hasil produksi dari UMKM untuk dipasarkan baik melalui online maupun offline.

“Kami terus menghimbau pengelola NTBMall untuk turun kelapangan memperkenalkan dan mempromosikan desa wisata dan potensi kerajinan yang dimiliki desa tersebut,”ujarnya.

Bukan hanya potensi kerajinan yang diangkat dan dipromosikan, namun potensi-potenai lain yang menjadi usaha masyarakat lokal juga harus terus disyiarkan. Bahwa betapa kaya potensi kekayaan alam yang dimiliki NTB.

Disamping eksistensi dan keberadaan pengrajin sangat didukung oleh Dekranasda. Oleh sebab itu, upaya penguatan dan suport kepada pengrajin terus dibangun.

Dekranasda NTB terus menggali potensi dan menginvetarisir pengrajin diseluruh Kabupaten/Kota. Sehingga daerah memiliki Database pengrajin atau UMKM se-NTB.

Baca juga:  TP PKK-Dekranasda NTB Beri Bantuan untuk Pengrajin Terdampak Covid-19

Upaya dan langkah yang sudah dilakukan oleh Dekranasda NTB bersama OPD pada leading sektor ini terus dilakukan. Sehingga dapat diketahui kekurangan dan kelemahan pengrajin, baik secara finansial, pemasaran dan bentuk penguatan lainnya.

“Ini salah satu cara kami untuk memetakan potensi dan sisi mana pengrajin serta UMKM perlu bantuan,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.