Home Government Affairs Bersama IPEMI, Pemprov NTB Gelar Pameran “Nuansa Tanpa Batas” di Jakarta

Bersama IPEMI, Pemprov NTB Gelar Pameran “Nuansa Tanpa Batas” di Jakarta

41
0
SHARE

Mataram, LombokInsider.com – Dalam rangka menyanbut Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTB yang ke-61, Pemprov mengajak seluruh Kabupaten/Kota di NTB bersinergi menyukseskannya. Salah satunya adalah dengan menggelar pameran UMKM dengan judul “Nuansa Tanpa Batas” yang akan digelar pada 2-6 Desember mendatang di Gedung Kantor Perindustrian, Jakarta.

Bersama IPEMI, Pemprov NTB  akan menggelar pameran hasil produk-produk UMKM dari seluruh Indonesia dan NTB menjadi panitia penyelenggaranya. Pameran yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini merupakan rangkaian dari HUT NTB Gemilang,

Selly Handayani, Ketua Harian Dekranasda NTB menjelaskan bahwa dengan membawa produk-produk UMKM NTB di pameran bertaraf nasional, diharapkan produk tersebut akan lebih dikenal.

“Rencananya kami mengajak 30 UMKM dari seluruh NTB untuk ikut ke Jakarta. Dengan begitu produk mereka akan lebih dikenal luas, apalagi acara Nuansa Tanpa Batas ini akan di hadiri oleh perwakilan daerah dari seluruh Indonesia,” jelas Selly pada konferensi pers yang di hadiri puluhan wartawan di Mataram, Jum’at (29/11).

Menurut Selly ini menjadi momen yang sangat spesial bagi NTB, karena setahun lalu sempat terpuruk akibat gempa dan saat ini telah bangkit menuju NTB Gemilang.

Sementara Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) NTB, Dra. Hj Bau Intan menambahkan bahwa produk-produk yang akan dibawa ke Jakarta merupakan produk unggulan dari UMKM yang ada.

“Yang dibawa semua merupakan produk unggulan, tapi tidak hanya pameran UMKM, “Nuansa Tanpa Batas” ini akan diisi berbagai acara diantaranya; talk show “Perempuan Inisiatif”, fashion show Batik dan Tenun khas daerah, atraksi seni dan budaya, kuliner (Ayam Taliwang dan Pelalah), lomba daur ulang dan sebagainya,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Perindustrian NTB, Hj. Nuryanti mengatakan bahwa acara pameran ini tidak hanya menampilkan hasil/produk saja, akan tetapi proses hingga menjadi produk juga akan dipamerkan.

“Pameran ini bisa menjadi “Gong” industrialisasi di NTB. Komoditi yang dibawa telah memenuhi standar kualitas, kuantitas dan kontinuinitas. Produk olahan dan kemasan, misalnya Ayam Taliwang siap saji dengan packing yang tahan hingga 1 minggu. Jika masih mikro ini saatnya naik kelas,” kata Nuryanti.

Program industrialisasi, kata Nuryanti merupakan program strategis untuk meningkatkan nilai tambah atas seluruh komoditas lokal untuk meningkatkan pendapatan, menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Pendekatan dilakukan non formal, maupun formal.

Selain UMKM, pameran ini akan diikuti oleh Dinas Pariwisata, Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi. Produk-produk terbaik yang dipamerkan akan menempati 12 stand.

Pada saat yang sama, Kabag Protokol Humas dan Setda NTB, Wahyu HIdayat menjelaskan bahwa peringatan HUT NTB ke-61 kali ini menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah-sudah.

“Akan ada banyak rangkaian acara yang sudah dimulai awal November lalu, hingga nanti pada puncaknya pada 17 Desember. Kami ingin HUT kali ini seluruh Kabupaten/Kota terlibat, demikian juga dengan masyarakat dan stakeholder lainnya,” jelasnya. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.