Mataram, LombokInsider.com – Ketatnya persaingan dan mudahnya ijin untuk mendirikan atau memiliki biro perjalanan membuat banyak biro perjalanan baru tumbuh bak jamur di musim hujan. Hal ini tentunya dirasakan juga oleh A&T yang beralamat di Komplek Central City 10-11, Jalan Adisucipto 33, Pelembak-Ampenan, namun hal itu bukan menjadikan mereka surut, justru sebaliknya suasana persaingan membuat mereka semakin kreatif dan inovatif dalam menawarkan produk paket-paket menarik bagi wisatawan yang akan dan sedang berkunjung ke NTB.

Karyawan A&T Holidays, Sebagai Ujung Tombak Operasional Perusahaan.

Karyawan A&T Holidays, Sebagai Ujung Tombak Operasional Perusahaan. (foto FB)

Hal ini dijelaskan oleh Mustiadi, Manajer Operasional di Wahanaloka salah satu jaringan dari A&T Holidays grup milik dari pengusahan biro perjalanan Awan Aswinabawa. “A&T tours dibangun pada 1992 oleh beliau (Awan Aswinabawa, red), dimana pada saat itu belum banyak biro perjalanan seperti saat ini, hanya ada beberapa. Dengan pengalaman kerjanya di bidang perhotelan dan pariwisata, serta jaringan yang telah dimiliki, maka peluang ini tidak disia-siakan sehingga berdirilah A&T Holidays hingga sekarang,” jelas Mustiadi, mengawali obrolannya bersama LombokInsider.com. Dalam operasionalnya A&T Holidays bekerjasama dengan tour operator dari luar negeri sehingga pangsa pasar eropa merupakan targetnya seperti, Jerman, Italia dan Prancis.

“Diawal berdirinya A&T hanya memiliki 3-4 orang karyawan, namun sekarang seiring perkembangannya selain A&T yang khusus berjualan tiket dan paket tur, ada juga Wahanaloka yang dikhususkan untuk bidang transportasi dan Nirvana di Gili Sudak merupakan salah satu usaha bidang akomodasi dari A&T,” ungkap Mustiadi. Total dari ketiga usahanya Awan Aswinabawa saat ini memiliki hampir 45 orang karyawan, sebagai seorang pimpinan Awan dimata Mustiadi merupakan sosok yang baik secara umum dan professional, dia mengerti serta dapat melihat potensi yang dimiliki setiap karyawannya, sehingga setiap orang di posisikan pada tempat yang tepat.

Under Water Diving di Gili, Salah Satu Paket Andalan A&T Holidays. (foto lombokandbeyond.com)

Under Water Diving di Gili, Salah Satu Paket Andalan A&T Holidays. (foto lombokandbeyond.com)

Gaya kepempinan yang professional dari Awan Aswinabawa, ditambah dengan pengalaman, kegigihan serta kejeliannya dalam melihat peluang-peluang yang ada ini yang membuat A&T holidays dapat bertahan dan berkembang sampai seperti keadaan sekarang, demikian dijelaskan Mustiadi. Ia menambahkan bahwa secara umum paket-paket yang dijual oleh semua biro perjalanan hampir sama, hanya kemasan dan pelayanan yang berbeda membuat kami memiliki pasar masing-masing, ini juga yang dilakukan oleh A&T Holidays, selain itu pihaknya juga sangat konsen dan mendukung pemerintah dalam mempromosikan Lombok sebagai destinasi wisata halal.

Dalam hal perijinan yang dimudahkan untuk membangun sebuah biro perjalanan, Mustiadi melihat ada sisi positif, dimana banyak biro perjalanan yang dalam tanda kutip selama ini illegal atau tidak berijin resmi, akhirnya mau merubah statusnya menjadi resmi atau berijin, bahkan menjadi anggota dari ASITA. “Saya pribadi dan mungkin semua pelaku pariwisata, sangat berharap adanya sinergi dari seluruh pihak untuk menjaga dan mengaw

Akomodasi. Satu-satunya Tempat Menginap Yang Ada di Gili Sudak, Nirvana Resort & Restaurant.

Akomodasi. Satu-satunya Tempat Menginap Yang Ada di Gili Sudak, Nirvana Resort & Restaurant.

al pariwisata NTB bersama-sama, agar hal-hal yang terkait dengan kebersihan dan keamanan dapat dicarikan solusinya, bukan justru sebaliknya, pemberitaan yang berlebihan mengenai kebersihan dan keamanan suatu destinasi tanpa adanya solusi justru memberikan dampak negatif terhadap pariwisata secara umum,” pungkas Mustiadi.

Ada sebelas paket yang ditawarkan oleh A&T Holidays kepada para tamunya yang datang ke NTB, antara lain, City Tour atau jalan-jalan, Bumi Gora atau Kuta tour, Lombok Cycling tour (Gunung Sari ke Lingsar), Lombok Cycling tour, The Hills and Rice Terraces of Tete Batu, Ngonong atau The Famous Gili Island tour (Air, Meno dan Trawangan), The Souhtren Gilis tour (Nanggu, Sudak dan Kedis) dan ini masuk dalam paket wisata halal, Tete Batu soft trekking, Exploring Sasak Life in the North of Lombok, Golfing Package at Lombok Golf Kosaido Country Club, Rafting Family and Friend Trip dan yang terakhir Adventure River Tubing. Info lebih lengkap dapat diperoleh di lombokandbeyond.com. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com