Home General News Wagub NTB Minta Masyarakat Patuhi Panduan MUI dan Pemerintah Terkait Ibadah Ramadhan

Wagub NTB Minta Masyarakat Patuhi Panduan MUI dan Pemerintah Terkait Ibadah Ramadhan

0
SHARE
Ibadah ramadhan di rumah
Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mataram, LombokInsider.com – Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah meminta umat Islam di wilayahnya agar mematuhi panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah wabah Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rohmi menegaskan, panduan ibadah yang diterbitkan MUI dan pemerintah melalui Kemenag itu berlandaskan pada kesepakatan seluruh ulama Islam di seluruh dunia. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatan umat Islam dari wabah pandemi Covid-19.

“Jadi, ngapain lagi kita ragukan fatwa dan ketetapannya itu. Ingat, Covid-19 ini adalah penyakit menular yang berbahaya. Makanya, Islam menganjurkan selalu hindari yang mudharat dulu baru kita bicara manfaatnya,” tegas Wagub menjawab wartawan usai menghadiri sidang paripurna DPRD NTB, Senin, 20 April 2020.

Menurut Rohmi, kegalauan masyarakat terkait keharusan melaksanakan ibadah Ramadhan di masjid sesuai tuntunan agama sangat dipahaminya. Namun lantaran, sesuatu ibadah jika dilakukan namun mendatangkan mudharat, maka hal itu bisa dikecualikan.

Apalagi, memutus mata rantai penularan virus dengan menghindari perkumpulan juga diwajibkan dalam agama Islam.

Baca juga:  Wagub: Komitmen Pemprov NTB, Kesehatan Masyarakat Prioritas Utama

“Disini, kita perlu menyadari ibadah yang di dalamnya berkumpul di masjid, maka inilah penyebab utama penyebaran infeksi, dan ingatlah menjaga kehidupan orang lain adalah tindakan besar yang mendekatkan diri pada Allah,” kata Wagub.

“Jadi, baiknya kesadaran untuk menjaga diri, keluarga dan lingkungan guna menyelamatkan ribuan nyawa juga perlu dipahami. Sehingga, mata rantai penularan virus corona ini bisa diputus, sehingga wabah ini cepat berlalu dan kehidupan kita bisa cepat pulih kembali seperti semula,” sambung Rohmi.

Baca juga:

Kunjungi RSUD Asy-Syifa KSB, Wagub Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan

Gubernur Zulkieflimansyah Kagumi Tata Kelola Pesantren Alam Sayang Ibu

Setelah Mataram dan Lotim, ICSB NTB Tebar Virus Kewirausahaan di Sumbawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.