Home General News Usai Gempa, Turki Diterjang Tsunami

Usai Gempa, Turki Diterjang Tsunami

0
SHARE
gempa turki
Gempa berkekuatan magnitudo 7 melanda pantai Turki barat pada Jumat malam (30/10/20). Sumber google map.

Mataram, LombokInsider.com – Gempa berkekuatan magnitudo 7 melanda pantai Turki barat pada Jumat malam (30/10/20), dari berbagai sumber, inilah keadaan Turki saat ini.

Menurut Survei Geologi AS, Laporan awal menunjukkan adanya kerusakan bangunan tapi tidak ada korban jiwa. Gempa ini dirasakan dari Istanbul hingga Athena.

Express menyebut gelombang pasang menerjang pesisir Izmir dan air laut memasuki kota yang berpenduduk sekitar 3 juta jiwa itu.

“Gempa ini juga memicu tsunami kecil di Seferihisar,” kata Huseyin Alan, Kepala Teknisi Geologi Turki kepada kantor berita negara TRT, seraya memperingatkan agar orang-orang menjauh dari gedung.

USGS mengatakan, gempat tercatat 14 km dari kota Neon Karlovasion Yunani di pulau Samos, Laut Aegea. Sementara itu badan bencana pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang lebih rendah yakni magnitudo 6,6 di kedalaman 16,5 km.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkicau di Twitter bahwa dia siap membantu “Dengan semua sarana yang tersedia untuk negara kita.”

Gempa bumi tersebut dirasakan hingga ke Istanbul yang berjarak sekitar 400 kilometer dari lokasi gempa. Info sementara, sejumlah bangunan di pusat Kota Izmir, kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara, rusak berat.

Baca juga:  Gebrak Masker, Bunda Niken Blusukan Ajak Masyarakat Pakai Masker

Baca juga:

Kunjungi RSUD Asy-Syifa KSB, Wagub Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan

Gubernur Zulkieflimansyah Kagumi Tata Kelola Pesantren Alam Sayang Ibu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.