Home General News Ternyata, Ini Manfaat Seledri untuk Kesehatan Ginjal

Ternyata, Ini Manfaat Seledri untuk Kesehatan Ginjal

0
SHARE
Ternyata, Ini Manfaat Seledri untuk Kesehatan Ginjal
Daun Seledri (Apium graveolens).

Mataram, LombokInsider.com – Seledri atau tumbuhan dengan nama latin Apium graveolens ini memiliki aroma yang khas dan tekstur yang garing. Oleh karena itu, sayuran ini sering digunakan sebagai bahan pelengkap masakan, baik sebagai penyedap atau sekadar hiasan.

Namun tahukah Anda bahwa mengonsumsi seledri dapat menjaga kesehatan ginjal dari racun? Manfaat seledri untuk ginjal sudah lama dipercaya oleh masyarakat. Untuk mengetahui lebih jauh terkait manfaat tersebut, mari simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Dikutip dari alodokter.com, berikut fakta tentang Manfaat Daun Seledri untuk kesehatan Ginjal Anda:

Mencegah pembentukan batu ginjal

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung kalium dan antioksidan. Zat tersebut diketahui dapat mencegah penumpukan atau pengendapan mineral di dalam ginjal, sehingga mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

Selain itu, seledri juga banyak mengandung air. Berkat kandungan kalium dan air yang cukup tinggi, seledri bisa membuat tubuh lebih banyak membuang zat sisa dan racun melalui urine.

Mengurangi risiko gagal ginjal

Baca juga:  Provinsi NTB Sodok ke Peringkat Keempat MTQN 2016

Sel tubuh yang sering terpapar radikal bebas atau mengalami proses oksidasi cenderung menjadi lebih cepat rusak. Hal ini bisa menyebabkan gangguan fungsi atau bahkan kerusakan organ tertentu, termasuk ginjal. Jika terdapat kerusakan pada ginjal, risiko untuk terjadinya gagal ginjal akan lebih besar.

Untuk mencegah hal tersebut, cukupilah asupan antioksidan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, salah satunya adalah seledri.

Menurut berbagai penelitian, antioksidan terbukti dapat menangkal atau mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Efek ini menjadikan seledri yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan ginjal.

Mengontrol tekanan darah

Penyakit ginjal erat kaitannya dengan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, lama-kelamaan dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh. Kondisi ini bisa membuat berbagai organ tubuh menjadi rusak, termasuk ginjal.

Jika fungsi ginjal sudah terganggu atau rusak, berbagai fungsi ginjal seperti menyaring darah dari zat beracun, membantu produksi hormon, serta mengatur keseimbangan elektrolit dan garam di dalam tubuh pun akan terganggu.

Baca juga:  Gubernur NTB Instruksikan Tutup Sementara Semua Tempat Hiburan

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menjalani pola makan sehat, membatasi asupan garam dan gula, banyak minum air putih, hingga rutin berolahraga.

Salah satu jenis makanan yang baik untuk mengontrol tekanan darah adalah seledri. Hal ini berkat kandungan kalium, antioksidan, dan zat phtalid pada seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Kandungan Nutrisi pada Daun Seledri dalam 1 porsi atau sekitar 100 gram seledri, terkandung setidaknya 14 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

1,5 gram serat

2,5–3 gram karbohidrat

0,7 gram protein

80 miligram natrium

260 miligram kalium

1,3 gram gula

40 miligram kalsium

29–30 mikrogram vitamin K

Selain itu, daun seledri juga mengandung antioksidan flavonoid serta beragam vitamin dan mineral, termasuk zinc, tembaga, kolin, zat besi, magnesium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Selain itu, seledri juga dapat diolah menjadi jus. Jus seledri dianggap sebagai salah satu minuman yang baik untuk memelihara kesehatan ginjal. (LI/aa)

Baca juga:  Luput dari Pengawasan, Bocah 2 Tahun Meninggal Tenggelam di Pantai Kuta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.