Home General News RSUD Provinsi NTB Miliki Alat Khusus Donor Plasma Darah

RSUD Provinsi NTB Miliki Alat Khusus Donor Plasma Darah

0
SHARE
RSUD Provinsi NTB Miliki Alat Khusus Donor Plasma Darah
RSUD Provinsi NTB Miliki Alat Khusus Donor Plasma Darah.

Mataram, LombokInsider.com – Masyarakat diimbau untuk tidak khawatir kepada siapapun yang terkena Covid-19, karena Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB mempunyai alat Apheresis untuk Donor Plasma Darah yang berguna untuk menyembuhkan pesien Covid-19.

RSUD Provinsi NTB menjadi salah satu Rumah Sakit yang dapat melayani Donor Plasma Darah. Hal ini bertujuan untuk membantu mengobati pasien Covid-19.

Pentingnya Plasma Darah adalah untuk membantu proses penyembuhan pasien yang terkena Virus Covid-19. Pemberian Plasma Darah adalah salah satu terapi konvalensen untuk pasien Covid-19.

Donor plasma itu di ambil dari para penyitas Covid-19, inilah yang sangat membantu para penderita Covid-19 dalam proses penyembuhannya.

Kegiatan Donor Plasma ini bisa menjadi tauladan bagi masyarakat, lembaga dan institusi pemerintah untuk mendonorkan Plasma Darahnya dalam membantu pasien yang terkena Covid.

Menurut dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK saat di wawancarai awak media di Ruang kerjanya Kamis (11/02/2021) mengatakan, “Donor Plasma Darah ini dijamin aman untuk pendonor, karena di RSUP ini memiliki alat khusus untuk donor plasma darah. Apheresis, alat canggih ini sudah diatur untuk mengambil plasma darah dan mengembalikan lagi darah merah kepada pèndonor jadi yang di ambil hanya plasmanya saja. Kegiatan ini sudah kita lakukan selama tiga bulan, dan hingga saat ini sudah ada sekitar lima puluh orang yang dengan sukarela mau mendonorkan Plasma Darahnya.”

Baca juga:  JOIN NTB Sayangkan Masih Ada Oknum Agen PDPGR Lecehkan Wartawan

Proses Donor plasma darah konvalesen ini berlangsung selama satu jam. Selama proses donor, pasien diberikan makanan dan minuman untuk kebugaran tubuh si pendonor. Jadi pendonor di jamin kesehatan dan keamananya.

“Maka dari itu masyarakat diimbau jangan takut dan segeralah datang ke RSUP untuk mendonorkan diri, karena bantuan anda sangat ditunggu untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita yang terkena Covid,” ujar Raehan.

Pada kesempatan yang sama, dr. Atmayadi Gunawan, yang pernah menjadi Pasien penyitas Covid saat bertemu wartawan di ruangan Bank Darah RSUD menjelaskan maksud kedatangannya untuk mendonorkan plasma darahnya.

“Saya hari ini mau mendonorkan plasma, karena saya pernah terkena Covid dan sudah sembuh. Maka saya berniat donor untuk menyumbangkan plasma kepada pasien Covid yang membutuhkan. Saya tergerak hati untuk donor ini karena saya melihat pasien yang terkena Covid kesulitan untuk mencari Plasma darah” jelas dr. yang bekerja di Puskesmas Kopang ini.

Pasien penyitas Covid yang kondisinya sehat dan masuk dalam kategori layak untuk donor hendaknya dengan kesadaran yang tinggi sudi mendonorkan Plasma darahnya. Karena bantuan donor plasma anda akan menolong banyak nyawa terselamatkan dari serangan Covid-19. (LI/yyt)

Baca juga:  Gubernur Resmikan Enam Sekolah Bantuan Yayasan Media Group dari Yayasan Dompet Kemanusiaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.