Home General News Program Tajuk Air, Tanam 1000 Gatep Hijaukan Lombok Utara

Program Tajuk Air, Tanam 1000 Gatep Hijaukan Lombok Utara

0
SHARE
GATEP. Bibit Gatep yang sedang disemaikan, di tempat persemaian.

Tanjung, LombokInsider.com – Merawat alam untuk mencegah bencana, mutlak harus segera dilakukan. Menjaga sumber kehidupan lama dan membuat sumber air baru mendesak untuk digelar. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Program bertema Tajuk Air 2017 kali ini menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Utara. Tujuannya adalah bergerak bersama untuk ibu bumi. Setelah menanam ribuan flamboyan, pegiat lingkungan Pawang Rinjani Lombok menggelar program penghijauan 1000 gatep (gayam) dan 50 pohon koak berdiameter 70 centimeter untuk Lombok Utara.

Total luas kawasan konservasi tahap pertama di sekitar sumber mata air Jong Plangka ini sekitar satu hektar. “Kita mulai melakukan penghijauan kembali kawasan sumber mata air Jong Plangka ini sejak 20 November 2017 sampai 20 Januari 2018,” jelas Raden Waliadin, Direktur PDAM KLU, usai penanaman Gatep Perdana, Senin (20/11) lalu.

Bersama tim pendamping Pawang Rinjani, PDAM KLU kegiatan ini digelar di sumber mata air Jong Plangka, Desa Bentek, Kecamatan Gangga. Titik penanaman pertama di kawasan bak penampungan air dan sumber mata air.

Baca juga:  Tiu Pituq, Magnet Baru Destinasi Wisata di Lombok Utara

Dijelaskan Waliadin, sumber mata air Jong Plangka ini merupakan sumber kehidupan ribuan warga di tiga kecamatan, Pemenang, Tanjung, dan Gangga. “Sumber mata air Jong Plangka ini sangat strategis dan merupakan sumber air utama PDAM KLU,” ungkapnya.

Menurut Ketua Pawang Rinjani, Cike Pramudia, Gatep merupakan salah satu jenis pohon endemik langka yang banyak tumbuh di kawasan hutan Rinjani, Lombok. Selain itu, jenis pohon gatep atau Inocarpus fagifer adalah jenis pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dapat tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter empat hingga enam meter.

Baca juga:

Gubernur Zulkieflimansyah Kagumi Tata Kelola Pesantren Alam Sayang Ibu

Masalah Lahan Sirkuit Mandalika, Komnas HAM dan Pemerintah Serta Masyarakat akan Duduk Bersama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.