Mataram, LombokInsider.com – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Lombok menjadi tuan rumah persiapan Grand Launching SBMPTNP (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata) tahun akademik 2018-2019, Jum’at (9/3). Acara inin dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ir. Rizki Handayani Mustafa, MBTM.

Deputi memaparkan TOP 10 Program Prioritas Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata. Di antaranya adalah pengembangan SDM pariwisata Indonesia berbasis kompetensi. “Melalui 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata yang tersebar di seluruh Indonesia, Kementerian Pariwisata terus melakukan peningkatan kualiatas SDM kepariwisataan dalam menghadapi persaingan global,” ujar Rizki Handayani.

“Menghasilkan SDM pariwisata yang berkompeten tentunya juga harus sesuai dengan standar kebutuhan industri dan pola pembelajaran harus mengacu pada standar kompetensi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Seluruh lulusan PTNP yang berada di Bandung, Bali, Medan, Makassar, Palembang dan Lombok harus memiliki sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau Lembaga Diklat Profesi,” jelasnya.

Sementara Direktur Poltekpar Negeri Lombok, Dr. Hamsu Hanafi mengatakan bahwa sebenarnya grand launching SBMPTNP ini akan dilakukan di Lombok.

“Awalnya Poltekpar Negeri Lombok yang ditunjuk menjadi tuan rumah, namun akhirnya keputusannya berubah dan diselenggarakan di Bali. Karena mengikuti dua agenda besar yaitu Rakornas Pariwisata dan Rakornas SMK Pariwisata se indonesia di Bali,” ungkapnya.

“Ini cukup membanggakan, meski baru beroperasi selama 2 tahun, namun Poltekpar Negeri Lombok cukup diperhitungkan untuk dapat menyelenggarakan even nasional. (LI/AA)

About Author: Agus Apriyanto
Past Mine Worker (Corporate Communication Dept). Graphic Designer. Reporter/Editor. Father of 3 Children. Moslem. Lives in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. FB: Agus Apriyanto Email: agusborjuswp@gmail.com