Home General News Mengaku Jadi Nabi, Joseph Paul Zhang Viral di Media Sosial

Mengaku Jadi Nabi, Joseph Paul Zhang Viral di Media Sosial

0
SHARE
Mengaku Jadi Nabi, Joseph Paul Zhang Viral di Media Sosial
jozeph paul zhang.

Mataram, LombokInsider.com – Nama Joseph Paul Zhang mendadak viral di media sosial. Setelah laki-laki yang pernah tinggal di Indonesia hingga Januari 2018 ini mengunggah ungkapan yang mengaku diri sebagai Nabi ke-26, pada Ahad (18/4/21) lalu.

Selain mengaku sebagai Nabi ke-26, dalam unggahan tersebut dia juga melakukan ujaran kebencian dan bernada menghina Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Hal ini membuatnya banyak mendapat hujatan. Gara-gara itu pula ia dilaporkan ke polisi oleh Ketua Cyber Indonesia, Husin Shahab.

“Hari ini sudah kita laporkan pemilik akun youtube Joseph Paul Zhang yang diduga menistakan agama dan menantang polisi minta ditangkap,” cuit Husin Shahab di akun Twitternya @HusinShihab yang dikutip Ahad, 18 April 2021.

Dalam cuitannya itu, Husain Shahab juga mengunggah dokumen surat pelaporan yang ia layangkan terhadap Jozeph Paul Zhang ke Bareskrim Polri. Dalam surat tersebut Husin Shahab mencantumkan dugaan pelanggaran pidana ujaran kebencian (hate speech) dengan Pasal 454 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, serta 156a KUHP.

Baca juga:  Gubernur Refleksikan Kembali Makna NTB Gemilang di Tengah Takbir Idul Fitri

Laporan ini juga sudah ditindaklanjuti oleh pihak Kabareskrim Polri.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, dikutip dari Antara, Ahad, 18 April 2021.

Agus juga memastikan Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang agar bisa di deportasi dari negara tempat dia berada.

Ungkapan ini sontak membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk tindakan Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26. Ucapan itu dinilai melecehkan agama Islam.

“Kita jelas-jelas mengutuk tindakan kegaduhan yang telah dilakukan oleh Jozeph Paul Zhang yang telah menghina Nabi Muhammad dan melecehkan ajaran Islam,” kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas melalui keterangan tertulis, Ahad, 18 April 2021.

Netizen +62 pun tidak terima dengan pernyataan tersebut dan menggemakan tagar #TangkapJosephPaulZhang. Menurut mereka ucapan Joseph Paul Zhang itu menistakan agama islam.

Baca juga:  Minggu Pertama Ramadhan, Wagub Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Netizen pun berharap Joseph Paul Zhang yang diketahui tidak berada di Indonesia itu segera ditangkap.

“Sudah tidak termasuk bercanda dan lucu, jangan biarkan bebas!,” cuit salah satu netizen.

“Tangkap pelaku penghina Allah SWT dan Nabi Muhammad Saw,” cuit netizen lainnya.

Sementara, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan, pihak YouTube sudah memblokir konten Joseph Paul Zhang yang diduga menistakan agama Islam.

Hal itu dilakukan setelah Kominfo meminta YouTube untuk memblokir tujuh konten yang di antaranya termasuk konten dugaan penistaan agama milik Joseph.

“Pada 19 April 2021, tujuh konten di YouTube tersebut telah diblokir dan tidak dapat diakses lagi oleh warganet,” kata Dedy melalui keterangan tertulisnya, Senin (19/4/21). (LI/aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.