Home General News Pada Idul Adha, Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Diresmikan

Pada Idul Adha, Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Diresmikan

0
SHARE
IKON WISATA RELIGI. Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Menjadi Ikon Wisata Religi di NTB.

Mataram, LombokInsider.com – Suatu hal yang sangat istimewa dirasakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya pagi tadi, pada pelaksanaan sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1437 H, 12 September 2016, yang biasanya dilakukan di lapangan Kantor Gubernur NTB sedangkan warga Kota Mataram biasa melaksanakannya di Monumen Bumi Gora, Udayana hari ini lokasinya dipindahkan ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center sekaligus menandai peresmian masjid ini sebagai sarana ibadah yang resmi digunakan.

Cinta Tanah Air

Antusias. Ribuan Masyarakat Menghadiri Sholat Idul Adha di Islamic Center.
Antusias. Ribuan Masyarakat Menghadiri Sholat Idul Adha di Islamic Center, Senin (12/9).

Pada sambutan sholat Ied Gubernur NTB Dr. TGH M Zainul Majdi, mengatakan bahwa Hubbul Wathan berarti cinta daerah, tanah air atau negara. “Ini berarti kita bersama-sama sebagai warga NTB harus mencintai masjid milik ini untuk dengan semangat menjaga, merawat dan memakmurkannya, khususnya untuk sholat lima waktu berjamaah,” kata Gubernur. Beliau menambahkan bahwa daerah kita NTB ini juga adalah amanah yang besar dari Allah, sehingga sepatutnya kita harus menjaganya dan memakmurkannya bersama, demikian juga dengan tempat ibadah Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Baca juga:  Bang Zul Targetkan 500 Motor Listrik Semarakkan HUT Kemerdekaan RI

Hal yang sama disampaikan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh yang juga memberikan sambutan. “Ini merupakan suatu keistimewaan bagi warga Kota Mataram, karena dapat melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, sekaligus sebagai tanda mulai resmi digunakan untuk beribadah,” ujar Ahyar. “Sebelumnya Islamic Center kita ketahui bersama telah menjadi saksi sejarah sebagai tempat pelaksanaan acara besar bagi NTB yakni MTQN ke 26 dan hal ini tercatat menjadi yang terbaik sepanjang sejarah pelaksanaan MTQN,” lanjut Walikota. Menurutnya Pemkot Mataram berkomitmen untuk selalu mendukung dan mensukseskan acara apapun yang bertaraf lokal, nasional bahkan internasional yang diselenggarkan di masjid ini.

Takbir dan Qurban

Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur NTB di Dampingi oleh Wagub, Sekda, Walikota dan Wakilnya, Menandai Resminya Penggunaan Masjid Hubbul Wathan Sebagai Tempat Ibadah.
Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur NTB di Dampingi oleh Wagub, Sekda, Walikota dan Wakilnya, Menandai Resminya Penggunaan Masjid Hubbul Wathan Sebagai Tempat Ibadah. (Foto: Humas NTB)

Sementara khotib KH. Abdul Manaf dari Universitas Negeri Sunan Kalijaga Jogyakarta tadi pagi mengatakan bahwa selama hari tasyrik 10-13 Dzulhijjah atau 12-15 September kaum muslimin disunnahkan untuk memperbanyak kalimat takbir, tahmid dan tasbih. “Idul Adha adalah manifestasi atau contoh dari sikap yang rela berkorban untuk mencari ridho Allah SWT, Nabi Ibrahim Allahisalam telah rela mengorbankan putra tercintanya Nabi Ismail Allahisalam karena iman dan taqwa kepada Rabbnya,” ungkap Abdul Manaf.

Baca juga:  Kak Seto dan Dompet Dhuafa, Hibur Anak-Anak Pengungsi Gempa Di Lombok

Sholat Idul Adha pagi tadi dipimpin oleh Imam Ust. Abdul Aziz pimpinan Ponpes Hidayatullah Ampenan, dihadiri puluhan ribu warga masyarakat NTB, Gubernur dan Wakilnya, Walikota Mataram dan Wakilnya serta para pejabat Muspida, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur sebagai tanda resminya Masjid Hubbul Wathan Islamic Center digunakan sebagai tempat peribadahan kaum muslimin sebagai sarana peningkatan keimanan dan ketaqwaan.

Pembagian Hewan Qurban

Pembagian Hewan Qurban oleh Panitia Masjid Al-Ikhlas, BTN Rembiga.
Pembagian Hewan Qurban oleh Panitia Masjid Al-Ikhlas, BTN Rembiga.

Sementara itu hampir diseluruh di masjid dan musholla yang tersebar di NTB kaum muslimin melakukan pemotongan hewan qurban setelah selesai melaksanakan sholat Id. Demikian juga di Masjid Al-Ikhlas BTN Rembiga, menurut ketua masjid sekaligus panitia Idul Adha, H. Ahmad Hadi SH, untuk tahun ini warga lingkungan BTN berqurban dengan 5 ekor Sapi dan 9 ekor Kambing, penyebaran kupon bagi yang layak menerima sekitar 760, dimana tersedia 820 bungkus daging qurban berarti ada sekitar 60 bungkus daging yang akan dibagikan bagi yang tidak mendapatkan kupon. (LI/AA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.