Home General News Manfaat Pepaya, dari Daun Hingga Buahnya

Manfaat Pepaya, dari Daun Hingga Buahnya

0
SHARE
Manfaat Pepaya, dari Daun Hingga Buahnya
Manfaat Daun dan Buah Pepaya.

Mataram, LombokInsider.com – Pepaya (Carica papaya) merupakan tumbuhan yang banyak kita temui di sekitar kita, baik di pasar tradisional maupun modern. Tumbuhan ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan.

Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan yang kini menyebar luas serta banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil daun dan buahnya. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut manfaat Buah dan Daun Pepaya.

1. Dapat Mengobati Gejala Demam Berdarah

Daun dan Buah Pepaya dianggap paling berkhasiat untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah.

Demam berdarah merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk yang dapat ditularkan ke manusia dan menyebabkan gejala mirip flu. Kasus yang parah juga dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah. Akibatnya terjadi peningkatan risiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak segera ditangani.

2. Mencegah Darah Tinggi

Pengobatan tradisional di Meksiko menggunakan Daun atau Buah Pepaya sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi.

Studi pada tikus telah menemukan ekstrak daun pepaya memiliki efek antioksidan dan penurun darah tinggi. Namun, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa efek yang sama atau serupa dapat terjadi pada manusia.

3. Terapi Pencernaan

Teh dan ekstrak Daun Pepaya kerap digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala pencernaan seperti gas, kembung dan mulas.

Buah dan Daun Pepaya mengandung serat – nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat – dan senyawa unik yang disebut papain. Kandungan proteinnya yang besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan mudah dicerna, dapat digunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

Baca juga:  4 Manfaat Madu, Dipercaya Meningkatkan Vitalitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.