Home General News KI NTB Nilai Kebijakan Gugus Tugas Terkait Data Pasien Covid-19 Sudah Tepat

KI NTB Nilai Kebijakan Gugus Tugas Terkait Data Pasien Covid-19 Sudah Tepat

0
SHARE
Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Hendriadi, SE, ME.

Mataram, LmbokInsider.com – Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB secara rutin mengumumkan informasi serta merta terkait Covid-19 di daerah ini. Sejauh ini data yang diumumkan masih merahasiakan nama-nama, alamat lengkap dan data pribadi lainnya. Namun sejumlah pihak meminta agar data penderita Covid-19 dimuat dengan jelas, mulai dari nama lengkap serta alamatnya.

Alasannya, membuka data pasien positif covid-19 akan membantu mempermudah upaya pelacakan terhadap orang lain yang pernah kontak dengan pasien ini. Selain itu, bagi orang lain yang pernah kontak dengan pasien dapat melaporkan diri dan mengambil Tindakan preventif lainnya.

Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Hendriadi, SE, ME mengatakan, meskipun sejumlah pihak menginginkan agar dibuka informasi yang jelas terkait penderita Covid ini, namun Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB tidak ingin membuka nama, alamat lengkap dan data lain berkaitan dengan kondisi kesehatan pribadi pasien positif Covid-19.

Gugus Tugas beralasan, sesuai ketentuan Pasal 57 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kesehatan,data pribadi pasien adalah rahasia dan oleh karenanya harus dilindungi. Demikian halnya UU KIP Pasal 17 huruf h angka 2 mengenai riwayat, kondisi perawatan, pengobatan fisik dan psikis seseorang harus dikecualikan.

Baca juga:  Alhamdulillah, Pasien Sembuh dari Covid-19 di NTB Terus Bertambah

Baca juga:

Kunjungi RSUD Asy-Syifa KSB, Wagub Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan

Gubernur Zulkieflimansyah Kagumi Tata Kelola Pesantren Alam Sayang Ibu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.