Home General News Kementan RI Jamin Sapi yang Diterima Kelompok Ternak Spesifikasi Baik

Kementan RI Jamin Sapi yang Diterima Kelompok Ternak Spesifikasi Baik

0
SHARE
Kementan RI Jamin Sapi yang Diterima Kelompok Ternak Spesifikasi Baik
Kementerian Pertanian (Kementan) RI memastikan Program 1.000 Sapi untuk area Provinsi Jatim, NTB dan NTT adalah dengan spesifikasi terbaik.

Praya, LombokInsider.com – Kementerian Pertanian (Kementan) RI memastikan Program 1.000 Sapi untuk area Provinsi Jatim, NTB dan NTT adalah dengan spesifikasi terbaik.

Hal tersebut disampaikan Kementan melalui Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Ditjen Peternakan & Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI yang menegaskan bahwa pengadaan sapi di NTB telah sesuai spesifikasi dalam implementasi program tersebut.

“Kami melakukan pemeriksaan dengan ketat atas sapi-sapi yang didroping oleh Pihak Penyedia kepada KTT (Kelompok Tani Ternak, red). Kami jamin bahwa setiap ekor sapi yang diterima oleh Pihak KTT, telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh Kementan RI,” ujar Ahmad Budi Purnawan selaku ketua Tim PPHP BBIB Singosari untuk Provinsi NTB, saat ditemui di Desa Pengengat Kecamatan Pujut, Loteng. Senin (28/12/2020).

Pihaknya mengaku setiap Sapi yang diterima telah dicek kesesuaian spesifikasi dengan mengacu pada Keputusan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor: 9632/Kpts/ RC.O40 I F I 08 / 2O20 tentang Petunjuk Teknis Program dan Kegiatan Pengembangan 1.000 Desa Sapi.

Baca juga:  Dilantik Jadi Ketua Forikan NTB, Hj. Niken Siap Tingkatkan Konsumsi Ikan di Masyarakat

“Dalam Bab II Hal. 12 Petunjuk Teknis tersebut, dijelaskan bahwa usia Sapi Bakalan 12-24 bulan. Berat Badan 300 Kg, Bebas Cacat, dan dinyatakan sehat. Sementara, untuk sapi indukan berusia 24-36 bulan dan berat badan 350 kg,” imbuh Ahmad.

Saat ini, telah diserah terimakan sebanyak 50 Sapi bakalan/penggemukan yang telah sesuai kriteria dari pihak penyedia kepada pihak KTT Tandur Desi, Desa Pengengat, Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Dan ada 85 Sapi yang dikembalikan kepada pihak Ketiga/Penyedia karena tidak sesuai spesifikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.