Home General News Kemangi, Daun Wangi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Kemangi, Daun Wangi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

0
SHARE
Kemangi, Daun Wangi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan
Daun Kemangi (Ocimum × citriodorum)

Mataram, LombokInsider.com – Banyak orang, khususnya ibu-ibu rumah tangga mengira Daun Kemangi (Ocimum × citriodorum) hanya enak untuk dilalap dan pelengkap berbagai masakan. Namun ternyata, Kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau memang membuat Kemangi banyak digemari. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng.

Masyarakat Minangkabau misalnya, menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Persebaran dan habitat

Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung ditanam di kebun-kebun, pagar-pagar, pinggir-pinggir jalan, lapangan dan huma-huma.

Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.

Selain untuk campuran bahan memasak, ternyata Kemangi juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Dikutip dari https://kesehatan.kontan.co.id berikut manfaatnya:

Baca juga:  Luar Biasa, Ini Manfaat Daun Kelor (Moringa oleifera) Bagi Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.