Home General News Jelang Ramadhan, Berikut Manfaat Kurma Bagi Tubuh Saat Puasa

Jelang Ramadhan, Berikut Manfaat Kurma Bagi Tubuh Saat Puasa

0
SHARE
Jelang Ramadhan, Berikut Manfaat Kurma Bagi Tubuh Saat Puasa
Kurma Ajwa.

Mataram, LombokInsider.com – Bulan Ramadhan 1442 H sudah di depan mata, umat muslim akan menjalani puasa selama sebulan penuh.

Saat berbuka menjadi sunnah dari Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam untuk berbuka setidaknya dengan kurma dalam jumlah ganjil dan air putih.

Selama ini, manfaat kurma yang digadang-gadang adalah bisa jadi sumber energi, khususnya buat orang yang sedang berpuasa atau dalam proses penyembuhan. Hal itu memang tak salah. Namun, sebenarnya masih ada lagi manfaat buah kurma yang layak untuk diketahui, seperti dilansir dari klikdokter.com.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Anda dapat membedakan kurma segar dan kurma yang dikeringkan dengan melihat kulitnya. Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut sempat dikeringkan demi pengemasan yang baik. Demikian sebaliknya, namun jangan khawatir, keduanya memiliki manfaat yang sama. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Adapun kandungan yang ada di dalam buah legit berwarna cokelat tua itu, antara lain:

Kalori: 281 kcal per 100gr, Lemak total: 0.03 gr, Karbohidrat total: 5.33 gr, Serat: 0.6 gr, Gula: 4.5 gr, Protein: 0.17 gr, Vitamin B6: 0.012 mg, Zat besi: 0.07 mg, Magnesium: 3 mg

Baca juga:  Seleksi Komisioner KPK, Jepred Bersih NTB Usulkan Beberapa Nama untuk KPK Lebih Baik

Potassium: 47 mg.

Tentu tak lengkap jika Anda belum tahu soal manfaat buah kurma itu sendiri. Agar Anda makin semangat untuk menjadikan buah yang satu ini sebagai makanan sehari-hari, berikut di bawah ini 9 khasiat buah kurma untuk kesehatan:

Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma tiap hari adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

Baca juga:  Gubernur Zul: "ITDC Hadir Untuk Masyarakat, Harus Beri Manfaat”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.