Home General News Gelar Pameran Seni Rupa, Taman Budaya Kebanjiran Pengunjung

Gelar Pameran Seni Rupa, Taman Budaya Kebanjiran Pengunjung

104
0
SHARE
Kadis Budpar NTB, didampingi Kepala Taman Budaya Membuka Pameran Seni Rupa, di Taman Budaya NTB.
Kadis Budpar NTB, didampingi Kepala Taman Budaya Membuka Pameran Seni Rupa, di Taman Budaya NTB.

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai wujud dukungan untuk mensukseskan acara tahunan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) 2016, yang akan berlangsung hingga (16/9) mendatang, Taman Budaya NTB menyelenggarakan pameran seni rupa, seni instalasi dan performance art, dibuka pada (25/8) sore, di Taman Budaya Mataram. Menurut Kepala Taman Budaya NTB, M. Faisal selain menjadi bagian dari BBLS acara ini juga menjadi unjuk kebolehan dari para perupa NTB untuk menampilkan karya seninya selama beberapa minggu kedepan.

“Kami sangat mengapresiasi para pelaku seni, budayawan dan para pelajar NTB yang telah hadir pada pembukaan acara Pameran Seni Rupa ini, sekaligus berpartisipasi memamerkan hasil karyanya. Demikian juga para peserta seni instalasi dan performance art yang tidak hanya dari NTB, namun dari luar daerah pun ikut hadir seperti Bali, Bandung, NTT, Banjarmasin dan Bandar Lampung,” jelas Faisal pada sambutannya. Faisal berharap kedepannya rangkaian acara BBLS yang berlangsung sebulan penuh dari (18/8-16/9) akan jauh lebih baik lagi ditahun-tahun mendatang.

Ratusan Orang Menyaksikan Pameran Seni Rupa di Taman Budaya NTB (25/8).
Ramai. Banyak Pengunjung yang Menyaksikan Pameran Seni Rupa di Taman Budaya NTB, kemarin (25/8).

Senada dengan Faisal, Kadis Budpar NTB HL. Moh Faozal juga sangat bangga dengan kegiatan semacam ini, menurutnya kegiatan BBLS sangat penting dimana generasi muda sekarang dapat mengisi waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat. “Dengan mempelajari, melihat langsung serta ikut terlibat dalam beragam seni dan budaya yang dimiliki oleh daerah kita NTB maka pengetahuan umum dan rasa cinta generasi muda tentang sejarah panjang kebudayaan daerah dan bangsanya akan meningkat,” ungkap Faozal saat membuka secara resmi acara ini dengan pemotongan pita secara simbolis.

Pameran seni rupa ini sendiri melibatkan tak kurang dari 10 orang pelukis kenamaan di NTB, diantaranya LM. Syaukani, Tarfi Abdullah, Karyana, I Gusti Lingsarta, Arta Kusuma, Satarudin Tacik, Gusti Lanang Kebon dan yang lainnya. Sementara untuk seni instalasi menghadirkan 9 orang seniman dari Lombok Barat, Mataram, Bandung, Bali seperti Zaini Muhammad, Zainal Hadi, Eko Wahono, Farhan Adityasmara, Yuspianal Imtihan, Setia Wibowo, Jante Praba Mandala, M. Sibawaihi dan Syamsul Fajri.

Salah Satu Karya Lukisan Seniman Daerah yang di Pamerkan.
Salah Satu Karya Lukisan Seniman Daerah yang di Pamerkan.

Untuk performance art diikuti seniman dari Mataram, Larantuka-NTT, Banjarmasin dan Bandar Lampug, seperti Saiffulah Sapturi, Novriza Hamza, Indra Saputra, Gita Kinantih Purnama serta Ayu Permatasari. Ketiga pameran dimulai kemarin dan akan berakhir pada (16/9), untuk seni instalasi dan performance art mengusung tema “Tubuh/Kehadiran” . Diharapkan ketiga pameran ini dapat menarik pengunjung untuk datang ke Taman Budaya NTB, hal ini tentunya bukan tidak beralasan karena kemarin saja tercatat ratusan orang datang melihat langsung acara pembukaan dan pameran seni lukis ini. (LI/AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.