Home General News Anda Wanita Umur 45-55, Kenali Gejala Menopause Ini

Anda Wanita Umur 45-55, Kenali Gejala Menopause Ini

0
SHARE
Anda Wanita Umur 45-55, Kenali Gejala Menopause Ini
Ilustrasi (rejuvage.com)

Mataram, LombokInsider.com – Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Perubahan ini bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba dan disebut sebagai gejala menopause. Masa terjadinya perubahan tersebut dinamakan masa perimenopause, yang dapat berlangsung selama beberapa tahun sebelum menopause, umumnya dimulai saat usia 40 tahun atau bisa juga lebih awal.

Tidak hanya berhenti menstruasi, banyak perubahan lain yang akan terjadi dalam tubuh wanita yang menopause, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan.

Gejala Menopause

Gejala menopause terjadi dalam masa perimenopause, yaitu beberapa bulan atau beberapa tahun sebelum menstruasi berhenti. Durasi dan tingkat keparahan gejala yang timbul berbeda-beda pada tiap orang. Gejala atau tanda-tanda menopause dapat berupa:

Perubahan siklus menstruasi, menstruasi menjadi tidak teratur, kadang terlambat atau lebih awal dari biasanya (0ligomenorea), Darah yang keluar saat menstruasi dapat lebih sedikit atau justru lebih banyak. Perubahan penampilan fisik, Rambut rontok, Kulit kering, Payudara kendur, Berat badan bertambah, Perubahan psikologis, Suasana hati berubah-ubah atau moody.

Baca juga:  Puncak Pilkada, BP Tertangkap Edarkan Narkoba

Sulit tidur, Depresi, Perubahan seksual, Vagina menjadi kering, Penurunan libido (gairah seksual), Merasa panas atau gerah, sehingga mudah berkeringat. Kondisi ini disebut hot flashes, Berkeringat di malam hari, Pusing, Jantung berdebar, Infeksi berulang pada saluran kemih.

Selain mengalami berbagai perubahan di atas, wanita yang telah menopause menjadi lebih berisiko mengalami penyakit jantung dan osteoporosis.

Penyebab Menopause

Menopause merupakan proses alami yang terjadi saat seorang wanita bertambah tua. Seiring bertambahnya usia, indung telur akan semakin sedikit memproduksi hormon kewanitaan. Akibatnya, indung telur tidak lagi melepaskan sel telur dan menstruasi akan berhenti.

Namun, menopause juga dapat terjadi lebih dini, yaitu sebelum usia 40 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.