Home Destination News Wow…Gili ini Dikunjungi 2600 Orang Wisatawan Setiap Harinya

Wow…Gili ini Dikunjungi 2600 Orang Wisatawan Setiap Harinya

0
SHARE
Gili Trawangan, Masih Menjadi Destinasi Favorit Bagi Wisatawan yang Datang ke Lombok.

Tanjung, LombokInsider.com – Nama Gili Trawangan memang sudah sangat termasyur dikalangan wisatawan, khususnya dari luar negeri. Hal ini tidak perlu disangsikan lagi karena menurut Bupati Kapubaten Lombok Utara (KLU) Najmul Akhyar, wisatawan yang datang ke Trawangan mencapai 2600 orang/harinya. Hal ini disampaikan Bupati disela-sela pembongkaran bangunan disepanjang ROI pantai di Gili Trawangan akhir Februari lalu.

Kunjungan Wisatawan

PENJELASAN. Bupati KLU, Najmul Akhyar, saat Memberikan Penjelasan Kepada Wartawan Tentang Kronologi Pembongkaran.

“Tercatat bahwa kunjungan wisatawan baik asing maupun nusantara mencapai 2600 orang/hari, ini baru ke Trawangan saja, belum lagi dua gili lainnya, Air dan Meno,” ungkap Bupati. Najmul Akhyar yakin dengan penataan kembali ROI pantai dari bangunan yang ada, untuk lebih memberi ruang publik yang lebih luas dan memperbaiki penampilan pantai di Trawangan, wisatawan yang datang dipastikan akan lebih banyak lagi.

Dari pengamatan di lapangan memang Gili Trawangan ini begitu ramai oleh kehadiran wisatawan, terutama yang melalui kapal cepat dari Benoa, Bali. “Kami telah berkomitmen tahun ini menjadi tahun pelayanan kepada wisatawan, jadi tidak hanya mengambil keuntungan dari kehadiran wisatawan, namun mengabaikan pelayanan,” lanjutnya. Keindahan pantai serta bawah airnya, ditunjang dengan promosi dari hampir semua biro perjalanan yang ada, membuat Trawangan begitu dikenal.

Baca juga:  Dispar NTB Serahkan Dukungan Sarpras Pariwisata di Destinasi Senilai Total 16 M

Pembenahan Fasilitas Destinasi Wisata

TRANSPORTASI. Cidomo, Salah Satu Transportasi yang Tersedia di Gili Trawangan.

Berdasarkan komitmen ini pihaknya telah melakukan koordinasi penyelesaian pembongkaran dan pengangkutan material setelah pembongkaran berlangsung. Dipastikan dalam tempo kurang lebih dua minggu dari (24/2) lalu, puing-puing bongkaran telah bersih, sehingga penampilan pantai di Trawangan akan lebih luas lagi. Bahkan untuk melakukan pembongkaran dan pembersihan setelahnya, baik akibat bongkaran maupun dari sampah yang ada di Trawangan, Pemkab mengalokasikan dana hingga Rp1,3 Milyar.

PAD Pemkab Lombok Utara

Bupati menambahkan bahwa untuk tahun 2016 lalu, PAD KLU mencapai Rp135 Milyar/tahun dan 40-60%-nya berasal dari pariwisata. “Tidak kita pungkiri bahwa sektor pariwisata di KLU menjadi penunjang utama pendapatan daerah, oleh karenanya komitmen kami pada tahun ini adalah memberikan pelayanan penuh terhadap pariwisata,” tegas Bupati, yang biasa dipanggil Tuan Guru ini.

AKOMODASI. Villa Ombak Hotel, salah satu Akomodasi Terbesar yang ada di Gili Trawangan.

KLU sendiri merupakan salah satu kabupaten di NTB yang tergolong cukup pesat kemajuannya. Untuk 2017 ini Pemkab KLU optimis PAD dapat mencapai Rp200 Milyar, hal ini berdasarkan perhitungan bahwa peningkatan dan kemajuan pembangunan, khususnya pariwisata di KLU yang sangat pesat.

Baca juga:  Gelar Rakor Promosi, BPPD NTB Pertegas Fokus Lombok Sebagai Destinasi Wisata Halal Dunia

Selain tiga gili indah (Air, Meno dan Trawangan), KLU masih memiliki destinasi wisata unggulan lain seperti, Pantai Nipah, Air Terjun Sendang Gile, Tiu Teja dan Kelep, Pantai Tebing, Pantai Sire, Malimbu, Masjid Kuno Bayan, Kampung Wisata Kerujuk dan masih banyak lagi. Wajar saja jika Pemkab KLU optimis dapat meraup PAD hingga Rp200 Milyar untuk tahun ini.

Hal ini tentunya berdasarkan perhitungan bahwa pariwisata NTB, khususnya Lombok dan Lombok Utara sedang naik daun, baik di Indonesia maupun mancanegara. Oleh sebab itu Bupati KLU dan jajarannya terus melakukan pembenahan fasilitas dan juga peningkatan kualitas destinasi wisata yang ada di wilayahnya. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.