Home Destination News Tertarik Kembangkan Pariwisata Halal Lombok, BI Siap Dukung Pemprov NTB

Tertarik Kembangkan Pariwisata Halal Lombok, BI Siap Dukung Pemprov NTB

25
0
SHARE
Sembalun, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016.

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai daerah yang pernah meraih penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata, khususnya wisata halal.

Hal ini mendapat catatan dan perhatian khusus dari Bank Indonesia (BI). BI ingin mendorong wisata halal NTB agar tidak hanya dikenal di Indonesia, namun juga di dunia internasional. Bank nomor satu di Indonesia tersebut berkomitmen untuk mendorong dan mempromosikan wisata halal NTB hingga ke berbagai belahan dunia.

Pernyataan ini disampaikan Deputi Bank Indonesia, Dody Waluyo di hadapan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat Policy Brief dan Seminar Nasional di Aula Bank Indonesia Perwakilan NTB, Senin (10/02/20).

“Bank Indonesia berkomitmen mendorong NTB sebagai salah satu destinasi wisata halal secara bertaraf Internasional, bukan hanya di Indonesia,” katanya.

Kebijakan tersebut memiliki pendekatan awal selama tiga tahun terakhir ini, yang memisahkan sektor sektor yang sifatnya bisa dikatakan halal. Ekonomi Indonesia, jelasnya berasal dari empat sektor yaitu, integrated farming, food-fashion, energy dan wisata halal.

Menurut catatan BI, pertumbuhan ekonomi dari empat sektor ini berada pada kisaran 5,4 persen. Sementara kontribusinya terhadap PDB nasional sekitar 75-80 persen.

“Ada catatan untuk wisata halal, ini sebagian besar tentunya disumbang dari daerah ini, NTB,” ungkapnya usai melantik Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Mataram.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur NTB mengatakan bahwa daerahnya sangat diuntungkan karena posisinya sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia. Hal ini juga menjadikan alasan BI untuk terus mendorong NTB sebagai pusat fashion muslimah terbaik dan terbesar di dunia.

“Saya sudah bicara pada Deputi BI, untuk memberikan prioritas membantu NTB,” ujarnya singkat. (LI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.