Home Destination News Sembalun Seven Summits (SSS), Taklukan 7 Puncak Tertinggi di Sembalun

Sembalun Seven Summits (SSS), Taklukan 7 Puncak Tertinggi di Sembalun

0
SHARE
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani dilihat dari Sembalun.

Sembalun, LombokInsider.com – Jika Rinjani100 menaklukan tingginya puncak Gunung Rinjani berjarak 100 km, beda lagi dengan Sembalun Seven Summits. Ada tujuh puncak tertinggi yang harus ditaklukan para peserta, termasuk Gunung Rinjani yang telah ditetapkan oleh Komite Sembalun Seven Summits.

Ketujuh puncak tersebut adalah, Gunung Rinjani dengan Ketinggian 3.726 Mdpl, Sempana 2.329 Mdpl, Bukit Lembah atau Gedong 2.200 Mdpl, Kondo1.937 Mdpl, Anak Dara 1.923 Mdpl, Pergasingan 1.806 Mdpl dan Bao Ritif 1.500 Mdpl.

Diantara semua bukit tersebut selain Rinjani, rute yang paling menantang adalah Bukit Bao Ritif. Jarak tempuhnya pun dari Sembalun, kurang lebih empat jam. Bukit Bao Ritif sendiri terletak di sebelah timurnya bukit Ana Dara menyusuri sungai mentrong yang masih asri serta menyusuri lembah-lembah.

Geliat pariwista di Sembalun khususnya dan Lombok pada umumnya, belum begitu bergairah seperti tahun sebelumnya. Meskipun banyak terobosan baru maupun inovasi dari pemerintah dan para pelaku wisata untuk mendatangkan para wisatawan.

Selama dua tahun terahir ini, pasca gempa bumi mengguncang Pulau Lombok pada 2018 lalu, kemudian disusul pandemi Covid-19 saat ini. Sembalun masih dibilang sepi dari para wisatawan khususnya yang berkunjung ke Rinjani, tidak dipungkiri setiap akhir pekan puluhan bahkan ratusan wisatawan lokal yang berkunjung ke Sembalun hanya sekedar jalan-jalan dan liburan, namun belum memberikan dampak yang signifikan untuk roda perekonomian masyarakat Sembalun.

Baca juga:  Rumah Adat Sembalun Yang Unik dan Menarik, Sayang Kurang Terawat

Dari keadaan ini, Komite Sembalun Seven Summits (S7S) yang merupakan kumpulan pemuda dan pelaku wisata petualangan yang berdomisili di Sembalun menggagas konsep tantangan wisata pendakian dengan menetapkan tujuh puncak tertinggi di Sembalun, yang diresmikan langsung oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. bersama Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Mataram, Dedy Astriadi dan Bupati Lombok Timur, H Sukiman Azmi MM. Acara tesebut berlangsung di Rest Area Sembalun, Ahad (25/10) lalu.

Baca juga:

Tim Ekspedisi Nusra Bhakti untuk Negeri Siap Eksplorasi Pariwisata NTB

Kemenparekraf Gali Potensi Kopi Lokal di Destinasi Wisata NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.