Home Destination News Poltekpar Lombok, Siap Cetak SDM Unggul dan Berkualitas

Poltekpar Lombok, Siap Cetak SDM Unggul dan Berkualitas

0
SHARE
Poltekpar Lombok, Siap Cetak SDM Unggul dan Berkualitas
Forum Kehumasan Poltekpar Lombok, Selasa 9 Februari 2021.

Praya, LombokInsider.com – Politeknik Pariwisata Lombok (Poltekpar) siap mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata yang unggul dan berkualitas. Hal ini ditegaskan oleh Pelaksana Tugas Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja, saat membuka acara Forum Kehumasan Poltekpar Lombok, Selasa 9 Februari 2021.

Herry menjelaskan, dari awal dibangun Poltekpar Lombok memang telah dihajatkan untuk menjadi yang terbaik, baik di lokal, nasional bahkan regional.

“Poltekpar Lombok di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, didirikan dengan semangat untuk bersaing dikelas Internasional, berjiwa kewirausahaan dan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki Kompetensi di bidang Pariwisata,” jelasnya.

Herry menambahkan, pihaknya siap bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan hal ini. Sesuai dengan semangat Tri Darma Perguruan Tinggi yang diadopsi Poltekpar Lombok.

Lebih lanjut, Plt Direktur Poltekpar ini menerangkan bahwa saat ini Poltekpar Lombok sedang membuka proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBM PTNP) yakni pendaftaran dibuka sejak 1 Februari sampai 27 Mei.

Baca juga:  Mahasiswi Poltekpar Lombok, Wakili Indonesia di Ajang Miss Univers South East Asia

Sejak awal penerimaan mahasiswa pada 2016 silam, Poltekpar Lombok telah menyerap sebanyak 1359 mahasiswa, dengan empat program studi (Prodi) menjadi pilihan calon mahasiswa-mahasiswi yakni D4 usaha perjalanan wisata, ada juga program studi D3 seni kuliner, kemudian D3 divisi kamar dan D3 tata hidang.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL. Moh. Faozal yang juga hadir, memaparkan potensi pariwisata NTB di masa pandemi, khususnya daerah Lombok Tengah.

“Lombok Tengah ini potensinya sangat banyak, apalagi saat ini dengan adanya Mandalika yang masuk menjadi Destinasi Super Prioritas (DSP). Branding Mandalika ini sudah mendunia, demikian juga dengan Nasi Puyung dan juga kisah Putri Mandalika yang melatarbelakangi kegiatan Bau Nyale,” paparnya.

Potensi-potensi ini harus dijaga, sehingga wisatawan, khususnya lokal dan nasional tertarik untuk datang, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sesuai dengan CHSE; Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Senada, Wakil Bupati Lombok Tengah yang sekaligus Bupati terpilih, H L. Pathul Bahri yang juga hadir mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun Lombok Tengah.

Baca juga:  Poltekpar Lombok dan LIPI Kembangkan Kreativitas Kuliner di Desa Wisata Sepakek

“Mari kita bangun bersama Lombok Tengah ini, terutama Sumber Daya Manusianya, khususnya bidang pariwisata,” katanya.

Karena saat ini menurut Pathul, pariwisata merupakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang terbesar.

“Sangat penting kita bangun SDM pariwisata yang ada, dengan adanya sinergi bersama Poltekpar Lombok kami berharap hal ini dapat terwujud, khususnya untuk mendukung persiapan SDM pariwisata jelang MotoGP Mandalika,” tegasnya. (LI/aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.