Home Destination News Poltekpar Lombok dan LIPI Kembangkan Kreativitas Kuliner di Desa Wisata Sepakek

Poltekpar Lombok dan LIPI Kembangkan Kreativitas Kuliner di Desa Wisata Sepakek

0
SHARE

Priggarata, LombokInsider.com – Meningkatkan kesadarkan peluang bisnis jajanan tradisional di desa wisata, LIPI Jakarta bersama Poltekpar Lombok menggelar lomba kreatifitas kuliner jajanan dan minuman tradisional dan lomba menggambar kuliner tradisional di Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah (22/12) lalu. Desa Sepakek adalah salah satu dari 99 desa wisata di NTB.

“Selain melibatkan masyarakat Desa Sepakek, lomba ini juga diikuti oleh utusan desa Bilebante Lombok Tengah. Tujuan lomba ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak-anak dan menumbuhkan rasa cinta terhadap desa serta kuliner khas Lombok. Masyarakat terutama ibu-ibu PKK yang membawa produk dari UKM mereka sangat antusias,” jelas Dr. Farid Said, Wakil Direktur Poltekpar Lombok.

Program ini didukung penuh oleh Poltekpar Lombok, LIPI dan pihak desa Sepakek. Poltekpar Lombok mendatangkan food truck dan bartender lalu membagikan 1000 porsi minuman gratis untuk para pengunjung. Selain itu, ekskul seni tari juga menampilkan tarian penyambutan bersama masyarakat setempat.

“Tanggapan positif juga datang dari pemerintah Kecamatan Pringgarata yang menyatakan bahwa kegiatan ini perlu untuk diadakan lagi tahun depan untuk meningkatkan promosi desa wisata,” kata Farid.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas SDM Desa Wisata, Poltekpar Lombok Latih SOP Tata Graha

Pengembangan kuliner dan potensi bisnis dan menjaga hubungan kerjasama antara banyak pihak yang terlibat (Penta Helix). Kegiatan ini telah mengaplikasikan konsep tersebut dalam pengembangan pariwisata di pulau Lombok pada umumnya dan Lombok Tengah khususnya.

Selain lomba kreatifitas kuliner jajanan dan minuman tradisional, antusiame anak-anak juga tidak kalah seru pada lomba menggambar kuliner, ditemani oleh Kak Mahmud dari kerajaan dongeng, lomba menggambar berlangsung secara meriah.

Acara ini juga dihadiri Kepala Pusat Penelitian Kemasyarakan dan Kebudayaan LIPI Jakarta, Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, MA. Selan itu juga melibatkan juri dari LIPI dan dari inudstri kuliner di Lombok. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.