Home Destination News Pesona Pantai Elak-Elak yang Indah, Menjulur Seperti Lidah

Pesona Pantai Elak-Elak yang Indah, Menjulur Seperti Lidah

0
SHARE
Pesona Pantai Elak-Elak yang Indah, Menjulur Seperti Lidah
Pantai Elak-elak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Giri Menang, LombokInsider.com – Pantai Elak-Elak merupakan salah satu pantai indah yang berada di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Elak-Elak dalam Bahasa Sasak berarti “lidah”. Hal ini karena memang pantai ini berbentuk seperti lidah yang menjulur keluar.

Dengan keunikan tersebut, pantai ini mempunyai dua sisi, sisi timur dan sisi barat yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Jarak antar kedua sisi mulai dari 100-300 meter.

Ditengahnya terdapat pohon kelapa dan beberapa jenis pohon lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh oleh para pengunjung saat cuaca terik.

Pantai Elak-Elak mempunyai garis pantai yang cukup panjang, dengan ujung yang menjulur ke tengah laut. Saat air surut, dari ujung pantai pengunjung bisa menyeberang ke gili diseberangnya, yakni Gili Penyu dengan hanya berjalan kaki.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyewa jasa penyeberangan ke Gili Lontar yang berjarak hanya ratusan meter dari Pantai Elak-Elak.

Pantai berpasir putih ini ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan. Pengunjung biasanya dari wisatawan domestik yang ingin menikmati keindahan panorama tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Baca juga:  Menuju New Normal, Masyarakat Tiga Gili Diajak Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp5.000 per orang. Biaya tersebut salah satunya digunakan sebagai modal pengembangan dan merawat fasilitas-fasilitas yang telah disiapkan oleh pengelola.

Seiring dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang ingin mengembangkan potensi wisata wilayah selatan, pantai ini sudah dikelola dengan cukup baik.

Hal ini bisa dilihat dari sejumlah fasilitas yang mulai disediakan, seperti papan nama, toilet, tempat ibadah dan akses jalan yang lebih baik. Selain itu, terdapat spot yang ikonik sebagai tempat berfoto bagi para pengunjung.

Kondisi perairan disekitar pantai ini terbilang tenang sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berenang bersama keluarga dan sahabat.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena bisa menyewa pelampung yang disediakan disekitar pantai. Harga sewanya bervariasi antara Rp15.000 hingga Rp30.000 tergantung ukuran dan kualitas.

Pantai Elak-Elak dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram atau sekitar 2 jam dari Bandara Zainudin Abdul Majid, Lombok Tengah.

Setelah sampai di wilayah Kecamatan Sekotong, sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bahari dan perbukitan, karena jalan menuju Pantai Elak-Elak umumnya berdekatan dengan pantai dan membelah perbukitan.

Baca juga:  Lombok Bangkit, Pariwisata NTB Siap Terima Kunjungan Wisatawan

Pengunjung dapat singgah untuk menikmati pantai-pantai yang dilalui tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra. (LI/uj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.