Home Destination News Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata, Bupati Puji Dispar Lobar

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata, Bupati Puji Dispar Lobar

0
SHARE
pelatihan tata kelola destinasi wisata
Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata, Jumat, (16/10) bertempat di Hotel Montana, Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lobar.

Giri Menang, LombokInsider.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020, Jumat, (16/10) bertempat di Hotel Montana, Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lobar.

Acara ini dibuka langsung Bupati Lobar H. Fauzan Khalid. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Lobar dan para pemilik atau pengelola tempat wisata dari BUMD/ PT. Tripat, swasta, serta Pokdarwis yang mengelola tempat wisata desa.

Bupati Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dinas Pariwisata Lombok Barat dengan diadakannya kegiatan tersebut.

“Kita bandingkan dengan kabupaten lain saya kira Dinas Pariwisata Lombok Barat lebih progresif untuk menyiapkan kegiatan semacam ini,” puji bupati.

Bupati mengatakan pelatihan semacam ini dianggap oleh sebagian orang hanya sebagai formalitas dan menghabis-habiskan anggaran, terutama sejak masa pandemic Covid-19. Namun, kata bupati, cara berfikir tersebut harus diabaikan. Dalam pelatihan ini bupati mengiginkan ada hasilnya dan bisa dipraktekkan di tempat-masing.

Baca juga:  Wagub NTB Minta Destinasi Wisata Perketat Protokol Kesehatan

“Karena pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk diterapkan apalagi ini basisnya destinasi pariwisata desa,” jelas bupati.

Ia juga sangat berharap untuk bersama-sama menciptakan Lombok Barat sebagai lokasi yang menyenangkan bagi para wisatawan.

“Mari kita peduli terhadap kepariwisatan kita ini dan Ibu-Bapak sekalian bagian dari orang yang paling terdepan untuk memajukan industri kepariwisataan di wilayah kita tercinta Lombok Barat ini,” ajak Bupati Fauzan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. Saepul Akhkam mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut salah satu ikhtiar dan metode untuk menyambut agenda kepariwisataan di tahun 2021.

“Tahun 2021 sebagai tahun yang insyaalah pasca pandemic ini, Kabupaten Lombok Barat lah yang kita ikhtiarkan untuk siap terhadap lonjakan-lonjakan wisatawan. Di samping itu tentunya para peserta yang datang dari aneka wilayah ini, seluruhnya ke depan, didesain agar menjadi jaringan dan satu paket dalam agenda penawaran,” Akhkam.

“Dari seluruh pelatihan-pelatihan ini kami berharap akan ada forum besar untuk forum tata kelola di mana kemudian kita bersinergi secara khusus di dalam rangka berkolaborasi antar komponen kepariwisataan dan antar pelaku pariwisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat ini,” harap Akhkam. (LI: pemkab)

Baca juga:  ITDC Optimistis Pembangunan JKK Selesai Sesuai Jadual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.