Home Destination News Pelari Indonesia Fandhi Ahmad Jawara Rinjani 100, Kategori 100 Kilometer

Pelari Indonesia Fandhi Ahmad Jawara Rinjani 100, Kategori 100 Kilometer

0
SHARE
Fandhi Ahmad, Juara Rinjani 100, Kategori 100K, Juara 2 Dongxi Tang, China dan Ketiga Emmanuel Abadie, Prancis.

Sembalun, LombokInsider.com – Pelari Indonesia Fandhi Ahmad, berhasil menjuarai Rinjani 100 2017, di kategori paling bergengsi nomor 100 kilometer. Fandhi mencapai garis finish di Sembalun dengan catatan waktu 33 jam 11 menit 54 detik. Meski tidak berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Jan Nilsen dari Norwegia dengan catatan waktu 26 jam 33 menit, namun prestasi ini sangat luar biasa bagi Fandhi dan tentunya Indonesia.

Fandhi Ahmad, Juara 100 K

“Meski tidak mencapai target, tapi saya tetap bersyukur karena berhasil jadi juara lomba lari bergensi ini,” kata Fandhi sesaat setelah mencapai finish di Sembalun. Target Fandhi adalah memecahkan catatan waktu Jan Nilsen juara tahun lalu. Fandhi juga pemegang gelar juara pada nomor 100 kilometer, Gede Pangrango 100 Ultra  2014 dan 2016.

Para peserta kategori 100 kilometer, di lepas pukul 23:30 di Senaru pada Jum’at malam, bersamaan dengan peserta 60 kilometer. Dengan hasil ini Fandhi berhasil menyisihkan 38 peserta lainnya dari berbagai negara dan berhak mendapatkan tambahan 5 poin dalam koleksi poin profesionalnya.

Baca juga:  Even Lari Cadas Rinjani 100 Makin Diminati, 1144 Peserta Telah Mendaftar

Fandhi mengaku sempat mengalami diare, inilah yang menjadi salah satu penyebab kegagalannya untuk memecahkan rekor catatan waktu, namun dia tetap bersyukur dapat mencapai finish pertama dan juara di kategori paling bergengsi ini.

Keindahan Gunung Rinjani

Di nomor 60 kilometer pelari pria asal negeri Gajah Putih, Thailand Chatchai Ananpattarachai berhasil mencapai garis finish pertama pada Rinjani 100 tahun ini. Chatchai berhasil menyentuh garis finis di Sembalun dengan catatan waktu 14 jam 53 menit 55 detik mengalahkan 109 peserta lainnya.

Pelari Thailand ini berhasil melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Vincent Calias dari Prancis dengan waktu 16 jam 30 menit 18. “Benar-benar ekstrim dan menantang, tapi juga menyajikan pemandangan yang indah,” ujarnya di Sembalun.

Persiapan Chatchai menuju kompetisi juga tak mudah karena dirinya harus melakukan latihan intensif di negara asalnya. “Di sini cuaca sangat dingin dan berangin. Belum lagi banyak ilalangnya, tapi sudah saya antisipasi selama berlatih,” tuturnya.

Sementara itu perempuan Indonesia bernama Eny Rosita berhasil menjuarai Rinjani 100, kategori 60 kilometer untuk nomor putri, sekaligus menjadi satu-satunya perempuan di kategori itu yang berhasil menyelesaikan lomba.

Baca juga:  Lagi, Gubernur NTB Promosikan Destinasi Wisata Demi Kemajuan Pariwisata NTB

Bukan hanya itu, Eny juga sukses memecahkan rekor jarak 60 kilometer, dengan waktu tempuh 19 jam 44 detik. Mengalahkan rekor sebelumnya yang juga ditorehkan perempuan Indonesia, Shindy Patricia, 19 jam 44 menit 59 detik.

“Sebenarnya, bisa lebih cepat satu jam tapi saya agak malas-malasan,” ujar Eny Rosita, di Sembalun, sesaat setelah tiba di finish, Sabtu siang. Perempuan berusia 38 tahun ini bukanlah pelari pemula. Dia sudah beberapa kali ikut kompetisi lari lintas alam, salah satunya Tambora Challenge.

Sebelumnya pada awal April 2017, dia berhasil menjuarai lomba lari ultra lintas Sumbawa dalam Tambora Challenge, menyelesaikan lomba sejauh 320 kilometer dalam waktu 63 jam 42 menit. Ini juga yang menjadi alasanya sehingga hanya memilih kategori 60 kilometer.

“Karena itulah saya cuma mau berkompetisi di 60 kilometer di Rinjani 100, lelah baru ikut 320 kilometer di Tambora,” ujarnya lagi.

Rinjani 100, merupakan kompetisi lari lintas alam internasional yang telah 5 kali dilaksanakan, diikuti 500 peserta dari 28 negara, termasuk Indonesia, berlangsung selama 3 hari mulai (5-7/5) Jum’at sampai Minggu. Mempertandingkan empat kategori yaitu 27, 36, 60 dan 100 kilometer. (LI/AA)

Baca juga:  Rinjani 100, Lari Ekstrim Ditengah Keindahan Alam Gunung Rinjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.