Home Lombok Pekenan Dayan Gunung, Bangkitnya Pariwisata 3 Gili

Pekenan Dayan Gunung, Bangkitnya Pariwisata 3 Gili

0
SHARE
Pekenan Dayan Gunung, Bangkitnya Pariwisata 3 Gili
Gelaran acara “Pekenan Dayan Gunung, ngemunggahang dowe banda gumi sasak” pada 12-13 Desember mendatang di Gili Trawangan.

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai upaya untuk membangkitkan kembali pariwisata Kabupaten Lombok Utara, khususnya kawasan 3 gili, Gili Hotel Association (GHA) bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dan Indonesia Biru serta SNKI menggelar “Pekenan Dayan Gunung, ngemunggahang dowe banda gumi sasak” pada 12-13 Desember mendatang di Gili Trawangan.

“Kami semua di gili sangat terdampak oleh pandemi ini. Bahkan bisa dikatakan mati suri, tetapi bukan berarti tidak ada berusaha untuk bangkit. Melalui kegiatan Pekenan Dayan Gunung ini, kita berusaha untuk mengangkat kekayaan budaya adat dan alam sebagai daya tarik,” kata ketua panitia Lalu Kusnawan, saat menggelar jumpa pers di Mataram, Selasa (17/11/20).

Konsepnya yang sangat lokal, untuk mengangkat kembali adat, budaya dan kekayaan alam dikemas dalam even bertajuk “Pekenan Dayan Gunung, ngemunggahang dowe banda gumi sasak” yang berarti pasar kekayaan alam bumi Sasak (Lombok).

“Bukan hanya pariwisata, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya seluruh komponen pariwisata di Lombok Utara untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat 3 gili melalui semua potensi yang ditawarkan,” lanjut Lalu Kusnawan, yang juga merupakan Ketua GHA

Konsep pasar lokal diangkat guna mempromosikan kembali seluruh potensi pariwisata, dari kerajinan tangan, budaya dan adat, hingga benda sejarah tradisional melalui kegiatan transaksi pasar. Namun lebih khusus konsep ini ditujukan untuk menarik minat wisatawan untuk datang kembali ke kawasan Tiga Gili, ditengah lesunya kondisi pariwisata KLU saat pandemi Covid-19 ini.

Kusnawan juga mengatakan bahwa konsep kegiatan ini terbentuk atas perubahan market agar geliat ekonomi di kawasan Gili tidak terus terpuruk jika menunggu Pandemi berakhir. Melalui Pekenan Dayan Gunung ini, akan menggerakkan UMKM untuk kembali produktif.

“Semua opd untuk ikut meramaikan acara ini sebagai wisatawan. Sehingga geliat ekonomi itu berputar dari bawah dan dari yang terdekat,” jelasnya.

Baca juga:  Gugusan Tiga Pulau, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.