Home Destination News Makam Batu Layar dan Pura Batu Bolong, Destinasi Wisata Religi yang Diminati

Makam Batu Layar dan Pura Batu Bolong, Destinasi Wisata Religi yang Diminati

149
0
SHARE
Pantai Senggigi Hingga Kini Masih Menjadi Pilihan bagi Wisatawan untuk Berlibur.

Mataram, LombokInsider.com – Senggigi yang sudah jauh berubah tidak serta merta membuat pantai yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit pertama di Lombok pada sekitar 1980an ini ditinggalkan penikmat panorama pantai. Dengan banyaknya bermunculan destinasi wisata pantai lain di seluruh NTB yang masih perawan memang merupakan pesaing berat Senggigi untuk bisa mempertahankan dirinya. Dengan teluknya yang indah jika dilihat dari atas, ombak yang bergulung ke tepi pantai serta pasir putihnya yang menghampar sepanjang tepi pantai merupakan daya tarik yang dimiliki pantai Senggigi. Apalagi saat ini masa liburan bagi anak-anak sekolah dan menjelang akhir tahun dimana akan banyak orang yang menghabiskan malam pergantian tahun ditempat ini.

Makam Batu Layar, Merupakan Destinasi Wisata Religi bagi umat Islam di Lombok.

Sebelum mencapai Senggigi kita akan melewati dua tempat yang sudah sejak lama selalu menjadi destinasi wisata religi terutama dihari-hari besar agama masing-masing. Makam Batu Layar, yang diyakini merupakan makam seorang ulama yang dahulu menjadi salah satu yang membawa ajaran Islam ke Lombok, akan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung terutama saat Lebaran Topat atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. “Kalau siang menjelang sore tempat ini ramai pengunjung, ada sekitar ratusan orang,” aku Jon tukang parkir di area sekitar. Makam Batu Layar dan Pura Batu Bolong sendiri sudah sangat dikenal dan banyak dikunjungi, tidak saja oleh umat Muslim dan Hindu sendiri, akan tetapi banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang untuk berfoto atau mencari informasi tentang latar belakang sejarahnya.

Pura Batu Bolong, Destinasi Wisata Religi bagi umat Hindu di Lombok.

Seperti dijelaskan diatas tempat kedua selain Batu Layar yang letaknya tidak jauh darinya adalah Pura Batu Bolong, sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Namun berdasarkan sejarah ada seorang pemuka agama Hindu dari Bali, Dang Hyang Dwijendra, yang kerap berpindah-pindah tempat, selain mengelilingi Pulau Bali, beliau melanjutkan perjalanan spiritual bahkan menyeberang hingga ke Pulau Lombok.

Nama Pura Batu Bolong itu sendiri sesuai dengan sebuh batu besar dengan lubang di tengahnya yang terdapat di pura tersebut, bagi umat Hindu, Pura Batu Bolong yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung di Bali ini memiliki atmosfer spiritual yang mampu memberikan kedamaian dan ketenangan bagi para umat yang bersembahyang di pura ini. Dari pura juga kita bisa melihat pemandangan Pantai Senggigi yang indah dengan latar belakang Gunung Agung, Bali, apalagi disaat matahari terbenam atau sunset.

Fasilitas Pendukung yang Cukup Lengkap di Kawasan Wisata Senggigi.

Fasilitas pendukung yang lengkap disepanjang kiri kanan jalan memang menjadi keunggulan daerah pantai Senggigi, hotel dan resort dari kelas bintang hingga melati, tempat hiburan pub & karaoke, bank/atm, money changer, klinik kesehatan, toko oleh-oleh, snorkel-diving center dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal inilah yang membuat masih banyak wisatawan yang berkunjung karena segala kebutuhan mereka dapat terpenuhi di satu tempat destinasi tanpa harus repot-repot ketempat lain.

Jalan yang halus ditambah segudang fasilitas diatas serta penataan daerah sekitar yang baik merupakan kelebihan kawasan Senggigi, karena memang kawasan ini dahulu menjadi salah satu pusat pariwisata di Lombok. Kebersihan lingkungan sekitar harus menjadi perhatian pemerintah setempat, karena dengan terjaganya kebersihan dan keamanan lingkungan otomatis akan meningkatkan daya tarik kawasan ini.Maka tak heran bila Pantai Senggigi, dari dulu sampai kini masih menjai favorit bagi wisatawan. (LI/AA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.