Home Destination News Keren nih, 640 Peserta Balap Sepeda GFNY Lintasi Destinasi Wisata Lombok

Keren nih, 640 Peserta Balap Sepeda GFNY Lintasi Destinasi Wisata Lombok

121
0
SHARE
Indah. Keindahan Destinasi Wisata Menjadi Daya Tarik Penyelenggaraan GFNY Indonesia.

Mataram, LombokInsider.com – Pelaksanaan balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia tinggal menghitung hari, tepatnya akan digelar pada Minggu 2 Oktober 2016, ini merupakan even GFNY yang pertama kali di Asia sekaligus bentuk promosi wisata Provinsi Nusa Tenggara (NTB). Total hingga saat ini telah terdaftar 640 peserta dari target 540 orang dari seluruh Indonesia dan dunia, acara ini juga akan disiarkan di Indonesia dan luar negeri. GFNY ini sangat menarik karena even balap sepeda ini akan melewati destinasi-destinasi wisata dengan panorama yang indah yang ada di Pulau Lombok, hal ini memang merupakan salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah.

Kadis Budpar NTB, HL. Moh. Faozal dan Tenne Permatasari pada Jumpa Pers, Kamis (22/9).
Kadis Budpar NTB, HL. Moh. Faozal dan Tenne Permatasari pada Jumpa Pers, Kamis (22/9).

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. NTB HL. Moh. Faozal mengatakan, GFNY akan melakukan start dan finish di sekitar Boulevard Senggigi. “Seluruh peserta sebanyak 640 orang akan melakukan start dan finish di daerah Senggigi, yang nantinya akan dirangkaikan dengan parade budaya, serta pawai bendera negara peserta oleh putra-putri pariwisata diiringi gendang beleq,” jelas Moh. Faozal pada jumpa pers di kantornya, Kamis sore (22/9). Faozal menambahkan bahwa proses yang panjang telah dilalui sehingga GFNY memberikan kepercayaan dan memilih Lombok sebagai tuan rumah balap sepeda ini, dibandigkan dengan tempat yang lain.

Keindahan Destinasi Wisata

Demikian juga halnya dengan Tenne Permatasari, GFNY Indonesia, mengatakan bahwa destinasi wisata yang indah merupakan syarat dari rute yang akan dilalui para pebalap sepeda ini. “Keindahan panorama alam dari rute yang akan dilewati memang merupakan salah satu syarat sebagai tuan rumah dan tentunya kita di NTB memiliki hal itu, sehingga ini secara tidak langsung sebagai promosi destinasi pariwisata Lombok,” kata Tenne. Tenne juga menjelaskan bahwa balapan ini akan dibagi menjadi dua kategori Medio Fondo 80 km untuk pemula dan non kompetisi dan Gran Fondo 180 km untuk professional-kompetisi.

Dukungan

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB khususnya pada Gubernur yang sangat mendukung terlaksananya acara ini. Beliau sangat senang karena acara ini sekaligus merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata NTB, Lombok khususnya dan berharap acara ini dapat men

Ramai. Dapat Dipastikan pada Pelaksanaannya pada (2/10) GFNY akan diramaikan 640 Peserta.
Ramai. Dapat Dipastikan pada Pelaksanaannya pada (2/10) GFNY akan diramaikan 640 Peserta, dalam dan luar negeri.

jadi kalender tahunan dari GFNY Indonesia,” lanjut Tenne. Even yang melibatkan ratusan pesepeda amatir hingga professional dari pelbagai negara ini akan diliput juga oleh media lokal, nasional dan internasional, dengan latar belakang keindahan alam pulau Lombok yang memikat hal ini sesuai dengan slogannya “Be a Pro for A Day”.

Selain dukungan diatas sponsor lain yang juga sangat mendukung pelaksanaan GFNY Indonesia ini adalah, Schmolke Carbon, Limar Helmet Italy, BNI 46, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Wings Surya, Kemenpar RI, Disbudpar, Polda dan KONI NTB, PB ISSI, Official Media Partner, Detikcom, CNN Indonesia dan gerakan moral Bike To Work Indonesia.

640 Peserta dari 31 Negara

Sampai dengan (21/9) peserta yang mendaftar sudah mencapai 640 orang dari 31 negara, yakni Amerika, Kanada, Korea, China, Brunei, Malaysia, Singapore, Australia, Indonesia, New Zealand, Thailand, Norway, Denmark, Polandia, Jerman, England, Great Britain, Belanda, Prancis, Italy, Colombia, Mexico, Swedia, Finlandia, Costa Rica, Argentiana, Swiss, Aljazair, Skotlandia dan Chile. Termasuk Gubernur NTB Dr TGH M. Zainul Majdi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua KONI NTB Andi Hadianto, Sekertaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Norwegia Stig Traavik, Managing Director PT JIExpo Kemayoran Prajna Murdaya dan juga ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari.

Lombok Barat, Merupakan Salah Satu Jalur yang akan Dilalui Peserta Balap Sepeda GFNY Indonesia.
Lombok Barat, Merupakan Salah Satu Jalur yang akan Dilalui Peserta Balap Sepeda GFNY Indonesia.

Koordinasi

Selain koordinasi dengan kepolisian yang akan menerjunkan sekitar 1800 personilnya untuk mengawal berlangsungnya acara ini, juga dengan pihak PU NTB yang telah memastikan jalur jalan yang dilewati yang menempuh hampir separuh dari Pulau Lombok, akan melewati jalan yang mulus, juga dengan Pemda Lobar dan Loteng yang wilayahnya akan dilintasi balap sepeda ini.

Selain mendapat dukungan dari pemerintah daerah dari infrastruktur dan keamanan, GFNY Indonesia juga didukung penuh oleh Kemenpar RI melalui promosi dalam dan luar negeri melalui Wonderful dan Pesona Indonesia. Panitia setempat akan menyediakan 6 pos peristirahatan, Pos I Lembar, Pos II Sekotong, Pos III Kantor Desa Batu Jangkih, Pos IV Bandara, Pos V RM. Ujung Landasan, Pos VI Malimbu, pos-pos ini sengaja dipilih karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Acara serupa telah digelar sejak 2010 di New York, kemudian berkembang di 11 negara sebagai bagian GFNY World Series yakni GFNY Deutschland, Italia, Indonesia, Argentina, Cozumel Mexico, Colombia, Uruguay, Mexico City, Mount Ventoux Prancis dan puncaknya GFNY Championship di New York City Amerika. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.