Home Destination News Calendar Event Lombok Sumbawa Dilaunching, 16 Event Bakal Digelar Sepanjang 2020

Calendar Event Lombok Sumbawa Dilaunching, 16 Event Bakal Digelar Sepanjang 2020

179
0
SHARE
Launching Calender of Event Lombok Sumbawa, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (22/01/20).

Jakarta, LombokInsider.com – Dalam rangka meningkatkan geliat pariwisata NTB, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata Provinsi NTB menggelar acara Launching Calender of Event Lombok Sumbawa (LS) 2020. Calender of event ini sebagai panduan kegiatan pariwisata NTB selama satu tahun ke depan yang lebih terarah dan terukur.

Pada Calender of Event Pariwisata tahun ini, NTB mempunyai 16 agenda besar dimana tiga diantaranya merupakan wonderful event dari calender of event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Tiga Event tersebut yakni Festival Bau Nyale 2020 yang akan diselenggarakan pada 9-15 Februari 2020, kemudian Festival Pesona Khazanah Ramadhan 2020 yang akan diselenggarakan sepanjang Ramadhan 2020, serta Festival Taliwang yang akan digelar pada November 2020.

Acara yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (22/01/20) ini mengusung tema besar – Lombok-Sumbawa Goes To MotoGP 2021 dengan harapan memberi spirit positif kepada masyarakat NTB dalam mensukseskan event berskala internasional yang nantinya mampu menyerap tenaga kerja daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah dalam sambutannya berharap ke depan orientasi pariswisata NTB jangan hanya berorientasi pada jumlah wisatawan yang berkunjung, melainkan penekanannya yang lebih kepada kualitas wisatawan yang datang mampu meningkatkan devisa dan kesejahteraan masyarakat NTB.

“Jangan hanya jumlah yang dikejar, kualitas wisatawan yang datang juga penting, bagaimana dapat menghasilkan devisa dan berapa besar dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu Wakil Gubernur juga berharap agar Kementerian Pariwisata memberi dukungan guna peningkatan NTB sebagai Halal Tourism Destination agar memberi kenyamanan kepada investor dan pengunjung baik muslim maupun non muslim agar mereka mau lebih lama tinggal di NTB dan tidak bosan-bosannya kembali lagi ke NTB.

Senada dengan Wakil Gubernur NTB, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, yang juga hadir dalam acara tersebut menambahkan bahwa sangat penting untuk sama sama menjaga stabilitas dan keamanan di daerah guna membangun citra positif pariwisata NTB ke depan.

Terutama Mandalika yang menurutnya memiliki kesempatan, dengan dibangunnya sirkuit Mandalika 2021. Kami berharap MotoGP dapat mengangkat NTB di kelas dunia. ITDC menyatakan siap menyambut MotoGP 2021. Kemenparekraf siap mendukung sepenuhnya pelaksanaan MotoGP 2021.

“Mandalika adalah destinasi super prioritas yang pertama saya kunjungi setelah jadi menteri. Saat ini tujuan mengejar angka wisatawan sudah tidak tepat, akan tetapi mengejar kualitas kunjungan seberapa besar devisa yang akan dihasilkan dari kunjungan wisatawan itu sendiri,” jelasnya.

Kualitas wisatawan yang hadir akan berdampak pada perekonomian masyarakat. Oleh karena itu kemenparekraf akan meningkatkan dunia ekraf di destinasi wisata.

“Saya berharap akan ada Ekraf Hub di NTB, sementara penyiapan infrastruktur kita juga siapkan ekrafnya, sehingga masyarakat setempat tidak hanya jadi penonton dan dapat menjadi salah satu cara peningkatan kesejahteraan,” tegas Wishnutama. (LI/AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.